PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Yeni Apriyani, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of Group Investigation type towards student’s mathematical conceptual understanding compared  with the conventional learning. The design research was posttest only control group design with the population was all students of eighth grade in even semester of junior high school state 1 Anak Ratu Aji. The samples of this research were students of VIII1 as experiment class and VIII2 as control class, that were gotten by purposive sampling technique. Based on hypothesis test, it was gotten that the average of student’s mathematical conceptual understanding of cooperative learning model of type Group Investigation type was higher than conventional learning. The conclusion of this research was the cooperative learning model of type Group Investigation type influences the student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Anak Ratu Aji. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: group investigation, model pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Proyek Pembinaan.

Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.