PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN MATEMATIKA (PAPER MATH)

Kuwatno Kuwatno, Noerhasmalina Noerhasmalina, Binti Anisaul Khasanah

Abstract


Abstract

The research problem is the low mathematical ability of students in arithmetic operations. The research is included in Research And Development (R&D) with modified 4D development procedures. The purpose of this research is to develop a suitable and effective Paper Math product as a learning medium. The research subjects were seventh-grade students of SMP N 4 Pringsewu. The sampling technique used cluster random sampling. The research instrument consisted of a validation sheet, a student response sheet, and an arithmetic operation ability test. Based on the results of expert validation, it was obtained that the Paper Math media had very decent criteria and very good student responses, and the t-test was obtained that the average student learning outcomes using Paper Math media were higher than the average student learning outcomes who did not use the media. Paper Math. It is concluded that Paper Math is feasible and effective to be used as a medium to improve mathematical ability in arithmetic operations. Thus, it is hoped that paper math media can be used as a medium for math games to improve students' arithmetic operations ability.

 

Keywords:  arithmetic operations ability; media; paper math

Abstrak

Permasalahan penelitian adalah rendahnya kemampuan matematika siswa pada operasi hitung. Penelitian termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan modifikasi  prosedur pengembangan 4D. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk Paper Math yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 4 Pringsewu. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar respon siswa, dan tes kemampuan operasi hitung. Berdasarkan hasil validasi ahli yang diperoleh bahwa media Paper Math memiliki kriteria sangat layak dan respon siswa yang sangat baik, dan uji-t diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media Paper Math lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Paper Math. Disimpulkan bahwa Paper Math layak dan efektif digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan matematika pada operasi hitung. Dengan demikian, diharapkan media Paper Math dapat digunakan sebagai media permainan matematika untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung siswa.

Kata Kunci: kemampuan operasi hitung; media; paper math

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp93-105


References


Anggraeni, S. W. (2017). Penggunaan Media Tabel Tulang Napier Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.200

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding.: Konferensi Dan Temu Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Indonesia, e-Indonesia.

Heriyanto, A., Haryani, S., & Sedyawati, S. (2014). Pengembanganmultimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Education Game Sebagaimedia Pembelajaran Kimia. Chemistry in Education, 3(1), 1–7. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined%0APENGEMBANGANMULTIMEDIA

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. IKAPI.

Maghfiroh, D. N. M. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multipel Intelegen Pada Anak Kelompok B Di TK t]]tKartika IX-35, Patrang Jember. Universitas Jember.

Marhamah. (2018). Belajar Matematika Melalui Permainan Matematika. PROSIDING SEMINAR NASIONAL 21 UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 05 MEI 2018, 406–409.

Mirantika, V. (2020). Pengembangan Permainan Papan Pintar Angka (Papinka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Talang Padang Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU.

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology ( ICT ). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(4), 20–31.

Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133–140.

PISA. (2018). PISA 2022 MATHEMATICS FRAMEWORK ( DRAFT ). In OECD (Issue November 2018, pp. 1–95). PISA-OECD Publishing. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf

Rifa, I. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. FlashBooks.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Vebimawarti, P. (2017). Pengembangan Media Permainan Matematika Kartu Cerdas Tangkas Bilangan Romawi. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), 8–12.

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Pengantar Desain Grafis. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan berhitung terhadap hasil belajar matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 517–528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.