IMPLEMENTASI STRATEGI TEAM QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to identify effect of using the team quiz learning strategy on problem solving abilities and mathematics learning outcomes. The method used in this study is a quasi-experimental type of research experiment. The research design is one group pretest-posttest design. The population in this study were all fourth grade students, totaling 28 people. Data collection techniques using tests and non-tests. The test technique uses multiple choice question and essay, the non-test technique uses an observation sheet. Data analysis used simple linear regression and regression significance test. Based on the results of the study, it was shown that there was a significant effect of the use of the team quiz learning strategy on the problem-solving abilities and learning outcomes of fourth grade students in mathematics.
Keywords: mathematics learning outcomes; problem solving ability; team quiz
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pilihan ganda dan essai, teknik non tes menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV.
Kata Kunci: hasil belajar matematika; kemampuan pemecahan masalah; team quiz
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp157-169
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afgani D., Jarnawi. 2011. Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta
Anggraini, Dinda Tri. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Kelas I Sd Negeri. (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Azwar, S. 2017. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang. (Skripsi). Universitas PGRI Palembang.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. 2014. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. MIMBAR PGSD Undiksha. 2: 1-10.
Hidayatika, Norma. 2019. Pengaruh Model Pakem Dan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Metro Timur. (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Kosasih, Nandang & Sumarna, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Alfabeta, Bandung.
Kusumawardani, C. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung. (Skripsi). UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.
Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1)
Rahayu, F. M. (2014). Keefektifan Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Kubus Dan Balok. (Doctoral dissertation) Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Alfabeta, Bandung.
Sumartini, T. S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.