METODE DISKUSI UNTUK MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Engelina Engelina, Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro

Abstract


Abstract

Activeness and cognitive learning outcomes of students are important things to achieve success in the learning process. However, the fact is that the activeness and cognitive learning outcomes of students in a private high school in Tomohon, North Sulawesi are still not optimal in the online learning process carried out by the author. This is because the teacher is less precise in choosing and implementing learning methods. To overcome this, the author uses the discussion method in online learning. This research using the descriptive qualitative method aims to describe the implementation of the discussion method in developing the activeness and cognitive learning outcomes of students in online learning. The instruments in this study consisted of the teacher's reflection journal, lesson plans, and test of students' cognitive learning outcomes. With the research subject of class XI IPA 2 students, totaling 27 students. The results showed that there was a development in students' activeness and cognitive learning outcomes after applying the discussion method. In conclusion, a discussion process such as dividing students into small groups can provide broad opportunities for students to be active during learning so that students can be directly involved in solving problems and lead to optimal learning outcomes.

Keywords:  activeness; cognitive learning outcomes; discussion method

 

Abstrak

Keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa merupakan hal penting untuk mencapai keberhasilan pada proses pembelajaran. Namun faktanya keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa di salah satu SMA swasta di Tomohon, Sulawesi Utara masih belum maksimal pada proses pembelajaran daring yang dilakukan penulis. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut penulis menggunakan metode diskusi pada pembelajaran daring.  Penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode diskusi dalam mengembangkan keaktifan dan hasil belajar kognitif matematika siswa pada pembelajaran daring. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari jurnal refleksi guru, RPP, dan tes hasil belajar kognitif siswa. Dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan dalam keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa setelah menerapkan metode diskusi. Kesimpulannya melalui proses diskusi seperti membagi siswa dalam kelompok kecil dapat memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk aktif selama pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat langsung menyelesaikan masalah dan berujung pada optimalnya hasil belajar.

Kata Kunci: hasil belajar kognitif siswa; keaktifan; metode diskusi

 

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp16-26

 


References


Afrida, E. (2019). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKN pada siswa II.D SD Negeri 64/IV kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 282-291. doi:http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.646

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,, 3, 282-289.

Darmadi, H. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi. Tangerang Selatan: An1mage.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Habibullah. (2012). Kompetensi pedagogik guru. Edukasi, 10(3), 362-377. Diambil kembali dari https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/169/124

Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & Iswan. (2020). Analisis kesiapan pembelajaran daring peserta didik kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-5. Diambil kembali dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Hoekema, A. A. (2008). Manusia: Ciptaan menurut gambar Allah. Surabaya: Momentum.

Kelirik, N. (2018). Penerapan metode diskusi kelompol untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SD Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), 1-11.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh berpikir kristis terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. EduMa, 3(1), 92-106.

Malik, J. (2019). Penerapan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan aktivitas siswa kelas VI SD I Sidorekso pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Refleksi Edukatika, 9(2), 128-133.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa SMK dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88. Diambil kembali dari https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/522

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 4(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046

Sadapotto, A., Hanafi, M., & Usman. (2021). Evaluasi hasil belajar . Bandung: Media Sains Indonesia.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, 1(1), 189-212. Diambil kembali dari http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9

Sunaengsih, C., & sunarya, D. T. (2018). Pembelajaran mikro. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Tong, S. (2006). Arsitek jiwa II. Surabaya: Momentum.

Tyagita, B. P., & Iriani, A. (2018). Strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176. doi:https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

van Brummelen, H. (2006). Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Jakarta: UPH Press.

Widyanto, P. (2017). Penerapan metode pembelajaran group investigation berbantuan media flanelgraf untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118-129. Diambil kembali dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.