ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 LEMBAH MELINTANG
Abstract
Abstract
This research was motivated by the low ability of students to think mathematically critical thinking in solving problems. The research objective was to describe the students' mathematical critical thinking skills in class XI IPA 3. The research method used was descriptive method with a qualitative approach. The research subjects were students of SMAN 1 Lembah Melintang class XI IPA 3. The instruments used to collect data were written tests, interviews, and documentation. The test results were analyzed based on the aspect of mathematical critical thinking skills. The results showed that mathematical critical thinking skills with high category abilities can work on critical thinking test questions properly and correctly. Furthermore, the moderate ability is not able to do critical thinking test questions well, while the low category has not been able to do critical thinking test questions properly in accordance with the aspects of mathematical critical thinking skills.
Keywords: Mathematical Critical Thinking Ability Analysis
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI IPA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Lembah Melintang kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tes dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dengan kemampuan kategori tinggi dapat mengerjakan soal tes berpikir kritis dengan baik dan benar. Selanjutnya, kemampuan sedang kurang mampu dalam mengerjakan soal tes berpikir kritis dengan baik, sedangkan kategori rendah belum mampu dalam mengerjakan soal tes dengan baik sesuai dengan aspek kemampuan berpikir kritis matematis.
Kata kunci: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashar, J. P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Berbasis. 6(2), 51–56.
Aulia, R., & Mukhni. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 127–133.
Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open-Ended Pada Materi Pecahan. Satya Widya, 33(1), 73. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631
Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. 3(1), 62–75.
Mahmudah, R. (2018). Journal of honai math. Journal of Honai Math, 1(1), 1–13.
Nofa, & Rahmi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Teknik Berikan Uangnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang Money Technique Toward Students’Mathematical Learning Results VIII. 6(2), 273–278.
Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. VIII, SNF 2019-PE-9-16. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.02.
Rahayuningsih, S., & Kristiawan, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), September, 245–253. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal -v2 / index.php / ciastech / article / download/629/581.
Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.1-13.
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1151.
Subekti, A. W., and Khoirunnisa, F. (2018). Penggunaan Rasch Model Untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, VI (2), 74.
Supriyati, E., Setyawati, O. I., Purwanti, D. Y., Salsabila, L. S., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 72–78. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/21792 %0D%0A.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Suryo Widodo, Ika Santia, dan J. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947.
Walfajri, R., U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas V SD. Jurnal Basicedu, III. 1, 16-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.