KETERLAKSANAAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS SMP BANDAR LAMPUNG)

Sugeng Sutiarso

Abstract


This descriptive study aims to analyze the implementation of the 2013 curriculum in scientific approach to mathematics learning in junior high school.  The subjects of this study were four mathematics’ teacher of junior high school in Bandar Lampung. Research data obtained through observation and interviews.  The data of this study were analyzed with descriptive statistics that focus on teaching activities in applying scientific approaches, including preliminary, core, and closing activities.  Based on the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of scientific approach in mathematical learning is 26.1% (low), consists of 20% preliminary activities (low), 8.3% core activities (low), and 50% closing activities (low).


http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp57-67


Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Kadir, & Sahidin, L. 2016. Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) di SMPN Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1): 1-14.

Armiati. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika sebagai Sarana Melakukan Revolusi Mental Siswa. Prosiding Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 74-85.

Auliya, R.N. 2016. Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, 6(1): 12-22.

Kadarisma, G. 2016. Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP dalam Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1): 61-66.

Lestari, S. D. 2018. Implementasi Pen-dekatan Ilmiah pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN Mranggen Tahun Ajaran 2013/2014. PRISMA, Prosi-ding Seminar Nasional Matematika, 1, 309-317.

Mustakim. 2015. Implementasi Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Patean Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan, 16(1): 15-28.

Nurainah, N., & Zanthy, L. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Journal on Education, 1(2), 47-53.

Palaki, Y. & Fahinu. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari pada Materi Operasi Aljabar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3): 153-166.

Permatasari, R., Putri, R. I. I., & Indaryanti. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1): 29-46.

Permendikbud No. 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Prasetyawan, E. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Terhadap Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Discovery pada Siswa Kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 2(2): 18-31.

Rahayu, E., Palobo, M., Nurhayati, N., Riyana, M., & Johanis, D. 2018. Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 9 Merauke. Magi-stra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 15-25. https://doi.org/10.35724/magis-tra.v5i1.719

Sutiarso, S. 2016. Model Pembelajaran ALQURUN (Alquran Teaching Model). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo). IAIN Raden Intan, Bandar Lampung, 19 Mei.

Sutiarso, S., Caswita, & Bharata, H. 2014. Ketercapaian Implementasi Kurikulum 2013 tentang Proses dan Penilaian Pembelajaran Matematika menurut BSNP dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus SMPN 2 Bandar Lampung). Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2): 120-125.

Taufik, A. 2018. Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemampuan Matematika di SMP. (Online), (https://www. Researchgate.net/publication/326665135), diakses 1 Juni 2020.

Yuselis, Ismail, F., & Nery, R. S. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA , 1(2): 258-286


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.