EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Irma Agnesia Tambunan, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


This research aims to find out the effectiveness of discovery learning models in terms of students’ critical thinking skills. The population of this research were all seventh grade students of SMP Negeri 20 Bandarlampung even semester of the 2018/2019 academic year distributed in eleven classes. The sample of this research were students of class VII_G and VII_H who were chosen through purposive sampling technique. The research design used for students’ critical thinking skills is the pretest-posttest control group design. The research instrument used was a test of critical thinking skills in the form of problem descriptions with quadrilaterals and triangles material. Based on the results of hypothesis testing using the t test, it was concluded that the discovery learning models was not effective in terms of students’ critical thinking skills, but discovery learning was better to be applied in improving students’ critical thinking skills than conventional learning models.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model PembelajaranInovatif,Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ekawati, Mutmainna., Munandar, Ahmad dan Saefudin, Saefu-din. 2014. Efektivitas Penera-pan Pendekatan Saintifik Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Pesisir Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA. Prociding Mathematics and Sciences Forum 2014, Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN 978-602-0960-00-5, halaman 215-224.

Fuadi, Rahmi., Johar, Rahmah dan Munzir, Said. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika Vol. 3 No. 1 Hlm. 47-54. [Online]. Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/download/4305/3729. Diakses pada 21 November 2018.

Hartati danSholihin, Hayat. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 ITB. [Online]. Tersedia : http://portal.fi.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_risa_hartati_d0192fda0be14ba6c9353cf6e82ce612.pdf. Diakses pada 29 November 2018.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Sain-tifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghaila Indonesia.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Riau, B.E.S. dan Junaedi, Iwan. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembe-lajaran PBL. Unnes Journal Of Mathematic Education Research. [Online]. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id.Diakses pada 14 Agustus 2019.

Ricardo,Rino., Mardiyana dan Saputro, D.R.S. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.2 No.2 Hlm. 141-151. [Online]. Tersedia : https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php. Diakses pada 14 Agustus 2019.

Sa’adah, Ulfatus dan Ariati, jati. 2018. Hubungan Antara Student Engagement (Keter-libatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati, Januari 2018 Volume 7 Nomor 1 Halaman 69-75.[Online].Tersedia :https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/download/20148/19007. Diakses pada 26 Agustus 2019.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sumartini, Tina Sri. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 April 2015 Hlm. 1-10. [Online]. ISSN 2086-4299. Tersediahttps://media.neliti.com/media/publications/226594/ peningkatan-kemampuan–penalaran-matematika 55500f0f.pdf. Diakses pada 28 Januari 2019.

Sunaryo, Yoni. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika UPI.

Susiyati. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pro-gram Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung Vol. I Hlm. 173. [Online]. Tersedia : http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/ Prosiding-15-Januari-2014.pdf. Diakses pada 20 November 2018.

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 Hlm. 45-57. [Online]. Tersedia : http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php. Diakses pada 30 November 2018.

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMKNegeri 1 Saptosari. Jurnal El-ectronics, Informaticsand Vo-cationalEducation(ELINVO) Vol. 1 No.2 Hlm. 128-139. [Online]. Tersedia di https://journal.uny.ac.id. Diakses pada 13 Agustus 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.