EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Yulia Pratiwi, Haninda Bharata, Agung Putra Wijaya

Abstract


Abstrak: Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis siswa. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 294 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas yaitu kelas VII A sampai dengan kelas VII K. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII I sebanyak 27 siswa dan VII J sebanyak 25 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis yang berbentuk uraian pada materi aritmatika sosial. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji tanda binomial. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, tetapi proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis dengan kategori baik pada kelas yang menggunakan problem based learning tidak lebih dari 60% dari jumlah siswa.

 

Kata kunci: efektivitas, problem based learning, representasi matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.