EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Lia Putri Novita Sari, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


Abstrak: Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 280 yang terdistribusi dalam sembilan kelas.  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 29 siswa dan VII I sebanyak 27 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi arikmatika sosial. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji- dan uji proporsi diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa model problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti model problem based learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.