PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Milyati Milyati, Sri Hastuti Noer, Rini Asnawati

Abstract


The implementation of learning method influences the student’s achievement.  The low activities and conceptual understanding are the indications the inactive learning. This class action research aimed to increase student’s activities and mathematical conceptual understanding of eight grade students of SMPN 1 Talangpadang in academic year 2012/2013 through realistic mathematics learning.  This research was applied in 3 cycles. Each cycle consisted of four phases that were planing, implementating, observating, and reflecting.  Data collecting technique were observation and test.  Based on the result of research, it was concluded that the realistic mathematics learning could increase the student’s activities and mathematical conceptual understanding. It was showed by the observation of student’s activities and conceptual understanding in the last cycle, that were (1) The percentage of active students was more than or equal to 60% and (2) The percentage of student’s conceptual understanding was more than or equal to 60%.   

Pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar.  Rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talangpadang tahun pelajaran  2012/2013, melalui pembelajaran matematika realistik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahap  yaitu:  perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi.  Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan disimpulkan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pengamatan aktivitas dan  pemahaman  konsep siswa pada akhir siklus III, yakni (1) persentase siswa yang aktif lebih dari atau sama dengan 60% dan (2) persentase pemahaman konsep siswa lebih dari atau sama dengan 60%.  

Kata kunci: aktivitas siswa, pemahaman konsep, PMR

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Hadi. 2005. id.shvoong.com/social-scienses/education/2120624-konsep-pendidikan- matematika-realistik-indonesia/diakses pada 12 Oktober 2012.

Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gratindo Persada. Jakarta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gratindo Persada. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta

Zulkardi. 2003. Realistik Mathematics Education Theory Meets Web Technology. Prosiding Konferensi Nasional X Matematika. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. ITB. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.