Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Sandy Sandy, Rini Asnawati, Caswita Caswita

Abstract


This experimental research aimed to find out the the influence of discovery learning towards student's mathematical representation skill. The population of this research was on entire students of grade VII of Junior High School state of 20 Bandar Lampung in academic year of 2018/2019 as many as 348 students that were distributed into 10 classes with mathematics skill in each class relatively equivalent. The sampling was cluster random sampling technique and it was chosen students of VII-C as many as 30 students and VII-B as many as 30 students as samples. The design used in this research was the randomized posttest-only control group design. The result of Mann-Whitney U test was known that the data of representation skill student with discovery learning was higher than the data of representation skill student in class with conventional learning. So that, discovery learning influenced towards the student's mathematical representation skill.

Keywords: discovery learning, mathematical representation skill

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 348 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas dengan kemampuan matematis tiap kelas yang relatif sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VII-C sebanyak 30 siswa dan VII-B sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu the randomized posttest-only control group design. Hasil uji Mann-Whitney U didapat bahwa data kemampuan representasi matematis siswa dengan discovery learning lebih tinggi daripada data kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

 

Kata kunci: discovery learning, kemampuan representasi matematis


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Matematical Modelling dalam Model Problem Based Learning. Tesis diterbitkan. (Online), (http://www.a-resaearch.upi.edu/tesisview.php?start=674),diakses 23 Maret 2018. Bandung: UPI.

Alhadad, Syarif fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi diterbitkan.(Online), (http://www.repository.upi.edu/8617), diakses 23 Maret 2018. Bandung: UPI.

Balim, A, G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Succes and Inquiry Learning Skills.Egilim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research.(Online),Vol. 35, Issue 35, pp 1-20 spring 2009, (http://www.pdfs.semanticscholar.org/c92b/f85fbf5545de25f1724f22f948436f107d80.pdf), diakses 13 Februari 2019.

Daryanto dan Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media3.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online),(http://www. eprints.uny.ac.id/7036), diakses 24 Maret 2018. Yogyakarta: UNY.

Kurniasih, I. dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum. 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Mandur, Karnisius, Sadra I Wayan, Suparta I Nengah. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.(Online), Vol. 2, No. 2, Hlm. 34-44, (http//:www.oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/885), diakses 13 Februari 2019.

Mawaddah NE, Kartono dan Suyitno Hardi. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.Unnes Journal of Mathematics Education Research. (Online), Vol. 09 No. 01 Hlm. 11-12,(http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/view/6901), diakses 24 Maret 2018.

Nurdin, Muhamad. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa.Jurnal Pendidikan Universitas Garut. (Online), Vol. 09 No. 01 Hlm. 9-22,(http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/downoad/83/85), diakses 24 Maret 2018.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM. (Online),(https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 13 Februari 2019.

Permendikbud. 2018. Permendikbud Nomor 4Tahun 2018 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemendikbud.(Online),(http:// www.kemdikbud.go.id/index.php/files/download/83de64697713afb/), diakses 24 Maret 2018.

Putri, Ihdi S., Juliani Rita, Lestari Ilan N., Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed. (Online), Vol. 6 No. 2 Hlm91-94, (http://www.jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/download/6927/pdf), diakses 24 Maret 2018.

Sabirin, Muhamad. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari. (Online), Vol. 01 No. 02 Hlm. 33-44, (http://www.media.neliti.com/media/publications/121557-ID-representasi-dalam-pembelajaran-matemati.pdf), diakses 24 Maret 2018.

Suherman,Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI dan IMSTEP JICA.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS(Online), (http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics.pdf), diakses 23 Maret 2018.

Triono, Agus. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/),diakses 24 Maret 2018. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Uno, H.B. dan Nurdin, M. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusnani, Heni. 2006. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/23690/), diakses 5 Desember 2018. Bandar Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.