Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Efficacy Siswa
Abstract
This research aimed to find out the influence of problem based learning model towards students’ reflective thinking ability and self efficacy. The population in this research was all students of eight grade of SMPN 8 Bandar Lampung on academic year 2017/2018 with total 235 students and were distributed into eight classes. Sampling were done by using purposive sampling technique and selected class VIII F and class VIII G as the samples of the research with the amount of students in each class was 28 students. The research design which used were pretest-posttest control group design. The students’ reflective thinking ability data were obtained by test, while the students’ self efficacy data were obtained by self efficacy questionnaire. Analysis data of this research used test. Based on the research, it was concluded that problem based learning model influence the students’ reflective thinking ability, but wasn’t influence the students’ self efficacy.
Keywords: problem based learning, reflective thinking, self efficacy
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester ganjil SMPN 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 dengan total 235 siswa dan terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII F dan VIII G sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 28 siswa. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Data kemampuan berpikir reflektif matematis siswa diperoleh melalui tes, sedangkan data self efficacy siswa diperoleh melalui angket self efficacy. Analisis data penelitian yang digunakan adalah uji . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, tetapi tidak berpengaruh terhadap self efficacy siswa.
Kata kunci: berpikir reflektif, problem based learning, self efficacy
Full Text:
PDFReferences
Ariestyan, Yola, Sunardi dan Dian Kurniati. 2016. Proses Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Kadikma. (Online), Vol. 7, No. 1, (https:// jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/5472/4105), diakses 14 April 2018.
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farihah. 2014. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Stress Mahasiswa Angkatan 2010 yang Menyusun Skripsi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://onesearch.id/ Record/IOS3713.812?widget=1&repository_id=954), diakses 10 Mei 2018.
Gunawan, Hendra. 2012. Gender dalam Perspektif Academic Self-Efficacy dan Kecurangan Teknologi Informasi. Jurnal Integrasi. (Online), Vol. 4, No. 1, (https://jurnal.polibatam.ac. id/index.php/JI/article/view/244), diakses 8 Januari 2019.
Himmah, Nurul, Sri Hastuti Noer, dan Pentatito Gunowibowo. 2014. Penerapan PBM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://id.portal garuda.org/index.php?ref=brwse&mod=viewarticle&article=287959), diakses 16 April 2018.
Kartika, Eka Yulli. 2017. Analisis Berpikir Reflektif Siswa Melalui Model Problem Based Lear-ning. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.uin jkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35270), diakses 10 Mei 2018.
Masamah, Ulfa. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http: //journal.stainkudus.ac.id/index php/Konstanta/article/view/3495), diakses 24 Februari 2018.
Nazwandi. 2010. PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) Satu Inovasi dalam Pendidikan Matematika. (Online), (http://nazwandi.wordpress.com/2010/06/22/jurnalpmri-pemb elajaran-matematika-realistik-indonesia-suatu-inovasi-dalam-pendidikan), diakses 26 Mei 2018.
Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung.
______________. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
______________. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 10 November.
OECD. 2015. PISA 2015 Result in Focus. (Online), (https://www. oecd.org/pisa/pisa-2015-results -in-focus.pdf), diakses pada 2 September 2018.
PISA 2016. PISA 2015 Result in Focus What 15-years-old Know and What They Can Do With What They Know. OECD: Database PISA 2015.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triyanto, Eko. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://core.ac.uk/download/pdf/12346538.pdf.), diakses 8 Mei 2017.
Wiratmaja, Cokorda G.A., I Wayan Sadia, dan I Wayan Suastra. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Emotional Intelegence Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. (Online), Vol. 4, No. 2, (http://1 19.252.161.254/e-journal/index. php/jurnal_ipa/article/view/1061), diakses 20 Februari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.