Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Efficacy Siswa

Kartika Kurniawati, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of guided inquiry learning model towards student’s reflective thinking skills and self efficacy. The population in this research was all students of grade 7th of SMPN 22 Bandarlampung in academic year 2018/2019 as many as 296 student’s, that distributed into eleven classes. Were chosen as the research. Through purposive sampling technique, VII I consist of 28 student’s and VII J consist of 28 student’s were chosen as the research sample. This research used pretest-posttest control group design for student’s reflective thinking ability and posttest only control group design for student’s  self efficacy. The data in this research was quantitaive data that obtained by student’s reflective thingking ability test and self efficacy scale. The Analysis data by using mann whitney u test and t-test conclusions are obtained that guided inquiry learning model influenced student’s mathematical reflective thinking skills, but did not influence student’s self efficacy.

 

Keywords: guided inquiry, reflective mathematical thinking, self efficacy

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir reflektif dan self efficacy siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 296 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilihla kelas VII I sebanyak 28 siswa dan VII J  sebanyak 28 siswa sebagai sampel penilitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design untuk kemampuan berpikir reflektif siswa dan posttest only control group design untuk self efficacy siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir reflektif dan skala self efficacy. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji mann-whitney U dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, namun tidak berpengaruh terhadap self efficacy siswa.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir reflektif, self efficacy

Full Text:

PDF

References


Angkotasan, Nurma. 2013. Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 8, No. 1 (https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497), diakses 13 September 2018.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New york: W.H. Freeman and Company. (Online). (http://samples.jbpub.com/9781449689742/Chapter2.pdf), diakses 10 September 2018.

Fuady, Anies. 2016. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matmatika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), Volume 1 No.2, (http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1236), diakses 2 September 2018.

Gurol. 2011. Determining the reflective thinking skills of pre service teachers in learning and teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. Jurnal Pendidikan. (Online), Volume 3, No. 3, (http://www.yarbis.yildiz.edu.tr/web/userPubFiles/agurol_71361ea7fc52994f183bf6577eb81e10), diakses 4 September 2018.

Hendriana H. 2009. Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika, Komunikasi Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis diterbitkan (Online), (http://repository.upi.edu/8082/), diakses 10 Januari 2018.

Ibnu Badar, Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia.

Lindawati. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan. (Online), Volume 2 No.2, (https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/997), diakses 10 Januari 2019.

Nia. 2017. Evektivitas Model Pembelaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 5, No.8, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13971), diakses 15 Januari 2019.

Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/6943/), diakses 4 September 2018.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI

Noer, Sri Hastuti. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10098/), diakses 10 September 2018.

OECD. 2016. Pisa 2015 Result in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 4 September 2018.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran yang Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

TIMSS. 2011. Timss 2015 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss2015.org/), diakses 5 September 2018.

Hamdi, Syukrul. 2014. Pengaruh Motivasi, Self Efficacy, dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika. Jurnal Riset Pendidika. (Online), Volume 1, No.1, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2666), diakses 20 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.