Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
This research aimed to examine the effectiveness of the problem based learning model in terms of students mathematical communication skills. The population of this research was all the eighth grade students of SMP Negeri 22 Bandar Lampung in the odd semester of the 2018/2019 academic year as many as 329 student’s which distributed in 11 classes. The samples of this research were students of VIII-G as many as 30 student’s and VIII-K as many as 30 student’s class which were chosen by purposive sampling technique. This research used the nonequivalent pretest posttest control group design. The research data was obtained through essay tests of mathematical communication skills in material of linear equations system with two variables. Data of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign test. The conclusion of this research was the problem based learning model was not effective in term of students mathematical communication skills, but the mathematical communication skills of the students who taught by problem based learning was higher than students who taught by conventional learning
Keywords: conventional, mathematical communication, problem based learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 329 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebanyak 30 siswa dan VIII K sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the nonequivalent pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. (Online), Vol. 8, No. 2, (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2158/2111), diakses 15 November 2018.
Dewi, S.H., Susanto, Nurcholif, D.S.L. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi. (Online), Vol. II, No. 3, (http://Jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365/3302), diakses 15 November 2018.
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan. (Online), Vol. 16, No. 1, pp. 40-50, (http://garuda.ristekdikti.go.id.), diakses 20 Januari 2019.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kamdi, Waras. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kusuma, Dwi Candra. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Online), Vol. 02. Hlm. 452-458, (https://www.scribd.com/document/334704103/Prosiding-Semnas-STKIP-2014-pdf?-query=Prosiding+Seminar+Nasional+Pendidikan+Matematika+STKIP+Siliwangi#), diakses 7 Januari 2019.
Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di SMA Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah. (Online), PM.27 Hlm. 300-318, (http://eprints.unsri.ac.id/1532/1/Prosiding_Semnas_Pembejaran_Mat_6_Des_09.pdf), diakses 26 Desember 2017.
Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015: Trend in International Mathematics and Science Study. Diagnosa hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. (Online), (https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/RahmawatiSeminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf), diakses 4 April 2018.
Nafiah, Yunin Nurun. Suyanto, Wardan. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. (Online), Vol. 4, No. 1, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/2540/2098.), diakses 15 Februari 2019.
Ningrum, Retno Kusuma. 2016. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Flexibel Mathematic Thingking. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21620/10239.), diakses 14 Februari 2019.
Yanti, Asria Hirda. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. (Online), Vol. 2, No. 2, (https://media.neliti.com/media/publications/230251-penerapan-model-problem-based-learning-p-30-c00a1a.pdf), diakses 14 Februari 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.