Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Peserta Didik
Abstract
This research aims to develop students’ worksheet-based on PBL and test its effectiveness toward students’ mathematical communication skills and self confidence of class VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. This research procedure uses the procedure by Tessmer, namely preliminary phase and formative evaluation phase which includes self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, small group) and field test. The data was obtained through mathematical communication test and self confidence scale. The results of the expert reviews show that students’ worksheet-based on PBL has met the feasibility standards of content, media and language in very good category. the result of the one-to-one and small group show very good category. The results of data analysis in the field test showed that the student mathematical communication skill and self confidence in the experimental class is higher than the control class. It can be concluded that students’ worksheet-based on PBL is effective to improve the students’ mathematical communication and self confidence.
Penelitian pengembangan bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL dan menguji keefektifannya terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur Tessmer, yaitu tahap preliminary dan formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, small group) dan field test. Data penelitian diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala self confidence. Hasil expert reviews menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL memenuhi standar kelayakan isi, media dan bahasa yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil one-to-one dan small group termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis data field test menunjukkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga disimpulkan LKPD berbasis PBL efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik.
Kata kunci : LKPD, PBL, komunikasi matematis, self confidence
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Company.
Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matema-tika. Jurnal Pendidikan Mate-ma¬tika. Vol.1 No.1 Tahun 2015. Diakses di http://jurnal. Stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9 pada 28 Agustus 2018.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Etherington, M. B. 2011. Investiga-tive Primary Science: A Problem based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education. Vol 36 No 9.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluatif Research in Education. New York: Mc-graw-hill Inc.
Kaymakci, Selahattin. 2012. A Review of Studies on Work-sheets in Turkey. Turkey: Karadeniz Technical Univer-sity. Diakses di http://-files.eric.ed.gov/fulltext/ED530699.pdf pada 18 Desember 2016.
NCTM. 2000. Principles and Standards with The Learning From Asssesment Materials. Virginia: NCTM Inc.
Nu’man, Mulin. 2015. Pengem-bangan Bahan Ajar Geometri Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemam-puan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Mate-ma¬tika UIN Sunan Kalijaga. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015. ISBN : 978.602.361.002.0. Diakses di http//jurnalISBN.UINsunan-kalijaga.ac.id pada 4 Januari 2017.
Saryani. 2016. Implementasi Pem-belajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Per-caya Diri Siswa. (Tesis). Bandung: Universitas Pasun-dan.
Suharti dkk. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecer¬da-san Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Mang-gala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. Vol 3 No 1.
Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matema-tika. Prosiding Seminar Nasi-onal Penelitian, Pendidi¬kan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009. Diakses di http://eprints.uny.-ac.id/12309/1/M_Pend_31_Sugeng%20S.pdf pada 12 juli 2017.
Usman, Muhammad Rizal. 2014. Mening¬kat¬kan Kemampuan Ber¬¬pikir Kreatif dan Komu-nikasi serta Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pem¬belajaran Inkuiri Model Alberta. Thesis. Univer-sitas Pendidikan Mate¬matika. Diakses di http://¬reposi¬¬tory.-upi.edu/id/¬eprint¬/18586 pada 20 januari 2017.
Viseu, F., dan Oliveria, I.B. 2012. Open-ended Tasks in the Promotion of Classroom Commu¬nication in Mathe-matics. International Electronic Journal of Elementary Educ-ation. Vol. 4 No.2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.