PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research which aimed to know the influence of cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) type towards student’s conceptual understanding of mathematics. Posttest only control design was used in this research. The population was all students of grade 7th of SMP Negeri 1 Bukitkemuning, even semester, in the academic year 2012/2013. Sample was students of VII D as experiment class and VII C as control class that was determined by purposive random sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of Think Pair Share type is better than conventional those of learning. So it is concluded that cooperative learning model of Think Pair Share type influences student’s conceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bukitkemuning tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 269 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 tahun 2003 dan Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta.
Mullis, Ina V.S et al. 2009. TIMSS Assesment 2009. [Online]Tersedia:http://www.education.gov.za/LinkClick.aspx?fileticket=Ub4vJ%2BeV9ds%3D&. (diakses pada tanggal 16 Februari 2013).
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia
Rohman, Abdul. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah Lokakarya Pengembangan Model-model Pembelajaran Matematika Sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 14 Otober 2006.
Suherman, E. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.