Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Bisri Dewi Septianingsih, Haninda Bharata, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This experimental research aimed to ana­lyzed the influence of guided discovery learning towards the enhancement of student’s mathematical problem solving skills. The population of this research was students of VIII grade SMP Negeri 1 Gading Rejo in academic year 2018/2019 that distributed into ten classes. Samples of this research were the student of VIII.6 and VIII.8 that were selected through purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control grup design. Analysis data of this research used Mann Whitney U test. Based on the research and discussion, the enhancement of stu­dent’s mathematical problem solving skills at guided discovery class is higher than student’s mathematical problem solving skills at convensional class. Therefore, guided discovery learning affects the student’s mathematical problem solving skills.

 

Peneli­ti­­an ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gading Rejo tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.6 dan VIII.8 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran guided discovery lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran guided discovery berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Kata kunci: guided discovery, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Ariska, Iis. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metode Poblem Solving Materi Simetri. Tesis diterbitkan. (Online), (http://eprints.umsida.ac.id/665/), diakses 5 April 2018.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), Vol. 13, No. 02, (http://jurnal.upi.edu/file/LeoAdhar.pdf), diakses 5 April 2018.

Hastuti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery (GDL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI ATPH SMKN 1 WOJA. Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan. (Online), Vol. 01, No. 02, (https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/index.php/JIIP/article/view/12/11), diakses 12 September 2018.

Ibrahim, Asriadi. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar Sejarah SMA Negeri 1 Parung. Jurnal Pendidikan Sejarah. (Online), Vol. 7, No. 1, (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/6568), diakses 5 April 2018.

Markaban. 2006. Model Pembelajaan Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Prosiding Penataran PPPGM Yogyakarta. (Online), (https://made82math.files.wordpress.com/2014/09/ppp_penemuan_terbimbing.pdf), diakses 10 Mei 2018.

Nuraina. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. (Online), Vol. 10, No. 3, (http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/VRS/article/viewFile/1114/1171), diakses 20 Agustus 2018.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM. (Online), (http://bok.org), diakses 6 April 2018.

Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik). 2016. TIMSS Infographic. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan. (Online), (https://books.google.co.id/books), diakses 5 April 2018.

Putri, Dini Arum. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Pendidikan Matematika.

Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika. (Online), Vol. 2, No. 1, (http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118), diakses 10 Agustus 2018.

Suntoro, Agus. 2009. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik dengan Multimedia Komputer Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis diterbitkan. (Online), (https://e-prints.uns.ac.id/8166/1/80192107200905391.pdf), diakses 12 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.