PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
This quasi experiment research withposttest only control design is aimed to know about the influence of cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) type towards student’s activity and result of mathematical study. Research population is all of eight-grade students in second semester of State Junior High School 2of Terbanggi Besar in academic year of 2012/2013 as many as 220 students that distributed into six classes. This samples are students of VIII E and VIII F class that chosen by purposive sampling technique. The data is obtained by observation by sheet of activity observation and test by result of mathematical study. According to the data analysis result, it concluded that cooperative learning model of TGT type has an influence towards student’s activity of mathematical, but no an influence towards student’s result of mathematical study of eight-grade students in second semester of State Junior High School 2 of Terbanggi Besar in academic year of 2012/201.
Penelitian eksperimen semu dengan posttest only control design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 2 Terbanggi Besar sebanyak 220 siswa yang terdistribusi pada enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap aktivitas tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran koopertif tipe TGT, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Nurhadi. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Pertanyaan dan Jawaban). Grasindo. Jakarta.
Slavin, E. Robert. 1995. Cooperative Learning Theory Research and Practice Second Edition. Boston. Allyn and Bacon.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Yudhistira, Angga. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.