Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning model types think pair share towards learner’s mathematical concept comprehension. The population of this research was learners of grade VIII of Junior High School of Tri Sukses Natar in academic year of 2018/2019 as much as 85 learners that were distributed into four classes, that are VIII A until VIII D. The sampling was done by cluster random sampling technique and it was chosen learners of VIII C and VIII D as samples. The design which was used in this research was the non equivalent control group design. Research data were obtained through test of mathematical concept comprehension. The data analysis which was used was . The result of this research show that mathematical concept comprehension of learner who follow learning with cooperative learning model types TPS higher than mathematical concept comprehension of learner who follow learning with non-TPS model. Based on the results and dicussion, the conclusion of the research is the cooperative learning model types TPS model was influence to learner’s mathematical concept comprehension.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 85 peserta didik yang terdistribusi dalam empat kelas, mulai dari VIII A hingga VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih peserta didik pada kelas VIII C dan VIII D sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran non-TPS. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa model kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata kunci: model kooperatif, pemahaman konsep, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Abidin. 2011. Langkah Strategis Peningkatan Kualitas Pendidikan. (Online), (http://www.masbied.com), diakses 22 Februari 2018.
Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA. (Online), Vol. 1, No.4, (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49), diakses 12 Agustus 2018.
Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/ PP/2004 tentang Penilaian Rapor. Jakarta: Depdiknas.
Dwitasari, Yuyun. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Kemdikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online). Availabel at http://puspendik. kemdikbud.go.id, diakses 26 Maret 2018.
Kusumawati, Wiji. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa Kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Purwo-kerto. Skripsi tidak diterbitkan. Purwekerto: pendidikan Matematika.
Ningrum, Ayu Novianti Kusuma. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Pendidikan Matematika.
Pratikta, Maulana Eka. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung T.P. 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Pendidikan Matematika.
Simamora, risma. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Smpn 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Dikdaya Hal. 96-103. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/81385), diakses 12 Agustus 2018.
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., dan Harningsih, E. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. (Online), Vol. 13 No. 1, (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/300/211), diakses 28 Oktober 2018.
Verowita, Winda. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3. Vol. 1 No. 1. (Online), (ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/.../869), diakses 12 Oktober 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.