Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Ajeng Rachma Farida, Caswita Caswita, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of Problem Based Learning towards student's mathematical reasoning skill. The population of this research was students of VIII grade SMP Negeri 26 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into eight classes. Samples of this research were the students of VIII-A and VIII-D that were selected through cluster random sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. Analysis data of the research using parametric test that is t’-test. Based on the results of research and discussion, it was concluded that Problem Based Learning affect the student's mathematical reasoning skill.

 

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-D yang terpilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji-t’. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

 

Kata kunci: penalaran matematis, pengaruh, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Aryanti, Ari. 2015. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2015. (Online), Vol. 3, No. 1, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2015/12/Prosiding-Semnasmat-STKIP-Siliwangi-Desember-2015.pdf), diakses 5 Agustus 2018.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 22 tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (Online), Jilid 26, No. 1, (eprints.uny.ac.id/4968/ 1/pembelajaran_berbasis_masalah.pdf), diakses 5 Agustus 2018.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Madio, Sukanto Sukandar. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. 2016. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timssandpirls.bc.edu/ timss2015/internationaldatabase/), diakses 10 Oktober 2017.

NCTM (National Council of Teacher of Mathematics). 2000. Principles And Standards For School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Simatupang, Rosmawati. dan Edy Surya. 2017. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Medan: PPs Unimed.

Suparji. 2012. Korelasi Antara Implementasi Moving Class Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (Online), Jilid 31, No. 2, (https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1558), diakses 5 Agustus 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.