EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIWA
Abstract
This quasi experimentalresearch aims to knowthe effectivenes of cooperative learning of Student Teams Achievement Division(STAD) type considered by student’s mathematicalconceptual understanding. This reseach uses apretest-posttest control groupdesign. The population ofthis research was eighth grade students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the academic year2012/2013 as many as 320 students who distributed into nine classes. Sample was taken by purposive sampling. Based on data analysis, it was gotten that gain of student’s mathematical conceptual understanding of in cooperative learning of STAD type was as same as conventional learning, and also the study completeness percentage in cooperative learning of STAD type doesn’t reach the target. The conclusion was cooperative learning STAD type was not effective considered by student’s mathematical conceptual understanding.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipeStudent Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam pene-itian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 320 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampelpenelitian diambilmenggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD sama dengan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensionaldanpersentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak mencapai target. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci : efektivitas, pemahaman konsep matematis, STAD
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Slavin. 1998.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjamahan oleh Permana. Nusa Media. Bandung.
Soejadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Hakim, Lukman. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.