Pengembangan LKPD Berbasis Metode Guided Inquiry ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa
Abstract
This development research aimed to know effectiveness and response of learners using guided inquiry method based worksheet in term of mathematical communication ability and student’s self-efficacy. This study was initiated with preliminary studies (need analysis), the composing, the validation, preliminary field testing, and the field trial of worksheet. This development research follows the paths of Borg and Gall. The subject of this research was student of X Perbankan 1 class of SMK Yadika Pagelaran. Data collected through observation, interwiew, questionnaires, and tests. The data analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The field trial results showed that (1) worksheet is effectively used because more than 70% of the students score obtain a value greater than or equal to reached minimum criteria on a mathematical communication skill test, (2) the student’s self-efficacy after used worksheet did not show any significant changes, (3) the student’s response to the worksheet has met good criteria of aspects of appearance, presentation of materials, and benefits.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis metode guided inquiry ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur Borg and Gall. Subjek penelitian pada uji lapangan adalah siswa kelas X Perbankan 1 SMK Yadika Pagelaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Data dianalis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) LKPD efektif digunakan karena lebih dari 70% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal pada tes kemampuan komunikasi matematis, (2) self-efficacy siswa setelah menggunakan LKPD tidak mengalami perubahan yang signifikan, (3) respon peserta didik terhadap LKPD telah memenuhi kriteria baik dari aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat.
Kata kunci: LKPD berbasis metode guided inquiry, komunikasi matematis, self-efficacy
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, Nina. 2011. Implemen-tasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Matematika dan Pendidikan Karak-ter dalam Pembelajaran”. [Online]. Tersedia: https://core.ac.uk/down load/pdf/11064953.pdf (24 Februari 2016)
Darmodjo, H. dan Kaligis, J.R.E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
Ma’sum, A. 2015. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Didaktika Islamika Vol. 5, No. 1. [Online]. Tersedia: http:// stitmkendal.ac.id/docs/jurnal/membangun_karakter_melalui_pembelajaran_kontekstual_0.pdf (18 Februari 2018).
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tum buh dan Berkembang (Translation). Jakarta: Erlangga.
Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Santrock, J. W. 2004. Educational Psy chology, 2nd Edition. McGraw-Hill Company, Inc.
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Peneli tian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.
Usher, E. L. and Pajares, F.. 2009. Sources of Self-Efficacy in Mathematics: A Validation Study. Contemporary Educational Psychology 34 pages 89–101. [Online]. Tersedia: https://sites.education.uky.edu/motivation/files/2013/08/Usher_Pajares_2009.pdf (21 Juli 2016).
Yoenanto, N. H. 2010. Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Self-efficacy pada Siswa Akselerasi Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. INSAN Vol. 12, No. 2. [Online]. Tersedia: http://journal. unair.ac.id/downloadfull/INSAN4284-ca0deeb1dffullabstract.pdf (21 Februari 2016)
Zeldin, A.L. 2000. Sources and Effects of the Self-Efficacy Beliefs of Men with Careers in Mathematics, Science, and Technology. Emory University. Disertasi: tidak di publikasikan. [Online]. Tersedia: http://www.des. emory.edu/mfp/ZeldinDissertation2000.PDF. (17 April 2015).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.