Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Ayu Setiana Sari, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


The research is a Quasi Experimental research that purpose to know Effectiveness of Project based learning models for the students’ understanding of mathematical concepts. Population of this research are students 10th class in SMAN 4 BandarLampung year of study 2017/2018 which is distributed in 6 classes. The samples are students of X-MIA1 and X-MIA2 that collected by purposive sample technique.  The research is also using posttest only control group design. Data Collected by mathematical consept of understanding ability test. Data analisys is generated through t-test. Based on results of the research, it can be concluded that the Project based learning models is effective for the students' mathematical concept of understanding ability.

 

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning atau PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Bandar Lampung, tahun ajaran 2017/2018. Populasi terdistribusi dalam enam kelas.  Sampel penelitian adalah siswa kelas X-MIA1 dan X-MIA2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan desain posttest only control group design. Data diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan  menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PjBL efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Kata kunci: efektivitas, model project based learning, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

________., Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003. (Online), (http://smpn1singajaya.wordpress.com/2009/06/07/uuspn-no 20tahun-2003/), diakses 09 Oktober 2016.

________. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

________2004.Kurikulum. (Online), (http://www.puskur.net/inc/si/sma/Matematika.pdf), diakses 15 Januari 2018.

_________. 2004. Perpustakaan dan

Masyarakat: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi.

______. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Casesand Recoman-dation. North Carolina: Mere-dianA Middle SchoolComputer Technologies. Journal Vol. 5.

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Proceedings Simantap 2011, 1(1).

Kemdikbud. 2013. Model Pengem-bangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). (Online), (http//www.staff.uny.ac.id). diakses 11 oktober 2017.

Maudy. 2016 .Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1 Bulan Maret 2016. Halaman 39-43 p-ISSN: 2477-5967, e-ISSN: 2477-8443.

OECD. 2016. Indonesia–OECD Data. (Online), (https://data.oecd.org/indonesia), diakses 12 Januari 2018.

PISA Indonesia. 2016. What Students Know and Can Do Student Performance in Matehmatics, Reading, and Science. (Online), (http: www.oecd.org), diakses 20 Januari 2018.

Purnomo, Abdul R, Budiharto. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis Mapel Mata kuliah kalkulus lanjut II. JKPM. (Online), Vol. 2 No. 2 Bulan September 2015. ISSN-:2339-2444.

Sasmita, Dewi. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe

Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Pema-haman konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Situmorang, A. S. (2014). Desain Model Pembelajaran Based Learning Dalam Peningkatan Kemampua Konsep Mahasiswa Semester Tiga Jurusan Pen-didikan Matematika FKIP-UHN Medan. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 1(1), 1-9.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi- nya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Undang-Undang Sistem pen-didikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Sumarmo,U. 2014. Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Mate-matik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. STKIP Siliwangi Bandung, Bandung.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. (Online), (http//:www.edutopia.org.modules/PBL/whatpbl.php.2005), diakses 27 Oktober 2017.

Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Problem Based Learning. California The Autodesk Foundation Wrigley, H.S. 2003. Knowledge in Action: The Promise of Project Based Learning, Focus and Basic. Vol. 2. Hal. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.