Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy

Aflah Mufidatul Mahmudah, Caswita Caswita, Asmiati Asmiati

Abstract


Development of LKPD based mind mapping to improve
mathematical communication skills and self efficacy
aims to produce and determine the effectiveness of the application of LKPD based on mind mapping, in mathematical communication and self-efficacy learners. These stages of development include preliminary study, planning, design development, preliminary testing, revision, field testing, and product improvement. The subject of this research are the students grade XI of  TKJ in Vocational High School Muhammadiyah 1 Marga Tiga Lessons Year 2017/2018. Result of field test show that mathematical communication ability and self efficacy learners have improvement by using LKPD based on mind mapping with N-Gain of mathematical communication 0,77 and achievement of self efficacy indicator learners 68,5. So it can be concluded that LKPD based  mind mapping feasible to use, because it meets the valid criteria, practical, included in both categories and able to improve the mathematical communication ability and self efficacy learners.  

Pengembangan LKPD berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui efektivitas penggunaan produk LKPD  berbasis mind mapping pada kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy. Tahapan penelitian pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain, uji coba awal, revisi, uji lapangan, dan penyempurnaan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 1 Marga Tiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan LKPD matematika berbasis mind mapping dengan N-Gain komunikasi matematis 0,77 dan pencapaian indikator self efficacy peserta didik 68,5. Sehingga disimpulkan LKPD matematika berbasis mind mapping layak digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis, termasuk  kategori baik, mampu meningkatkan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik.

Kata kunci: mind mapping, komunikasi matematis, self efficacy.


Full Text:

PDF

References


Ansari. 2003. Menumbuh Kembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think Talk Write. Bandung: UPI

Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Baron & Byrne. 2005. Psikologi sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga.

Buzan, Tony. Mind Mapping. [online] tersedia di http://www.tonybuzan.com/about/mind-mapping [02 Maret 2017]

Darmojo & Kaligis.1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

E. Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evalute Research in Education. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Herdin. 2017. 7 Rahasia Mind Map membuat anak jenius. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Iriantara, Yosal dan Usep Syaripudin. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Sentosa Rekatama Media.

Katriani. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Yogyakarta: UNY

Kemendikbud.2016.Permendiknas RI No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi untuk pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, Endang. 2003. Komunikasi Yang Efektif. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Lim dan Chew. 2007. Mathmatical Communication in Malaysian Bilingual Classroom. [online] Tersedia di : http//rbaryans.wordpress.com/2016/05/30/komunikasi-dalam-matematika

Nursidah. 2008. Pengaruh Komunikasi Guru Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 2 Sukaraja Tiga Marga Tiga Lampung Timur.Skripsi tidak diterbitkan. Metro: STAI Ma’arif

Noer, Sri. H. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Yogyakarta : UNY

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan.Yogyakarta: Diva Press.

Rahmawati. 2015. Hasil TIMMS 2015. [online] Tersedia di http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati-Seminar Hasil TIMSS 2015.pdf

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.