Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik
Abstract
This qualitative research aimed to describe the students critical mathematical thinking disposition on Socrates Scientific learning. The subject of this research were the students of class VII-H of SMPN 20 Bandar Lampung 2017/2018 academic year. The data of this research were qualitative data about students critical mathematical thinking disposition which were gotten by observation, interview, and documentation. The data analysis technique of this research used three stages, that were reducting, displaying, and getting conclusion of data. The result of the research proved that Students critical mathematic thinking dispotition can be found from all the students in all mathematic ability in Scientific Socrates and it was found indicators of every students were different.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMPN 20 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa disposisi berpikir kritis matematis dapat muncul pada semua siswa dari berbagai kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates Saintifik dan indikator yang muncul dari setiap siswa disetiap pertemuan berbeda-beda. Kata kunci: disposisi berpikir kritis, metode socrates, pendekatan saintifik.
Kata kunci: disposisi berpikir kritis, metode socrates, pendekatan saintifik
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Dianita, Rizki Asri. 2017. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-L Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelejaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Kurnia, Anis. 2017. Implementasi Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (Studi Deskriptif di SMA Negeri 2 Bandarlampung). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila. ac.id), diakses 20 Oktober 2017. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar. (Online), Vol. 4, No. 2, (http://file.upi.edu/Direktori /KDSUMEDANG/198001252008121002MAULANA/Artikel/Artikel/Jurnal%20Disposisi%20Kritis%20KreatifMAULANA.pdf), diakses 10 April 2018.
Mentari, Julia Sekar. 2017. Deskrip-si Percakapan Representasi Matematis Siswa dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Saintifik. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://digilib.unila. ac.id), diakses 20 Oktober 2017. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Nurfitriyani, Linda. 2016. Deskripsi Disposisi Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Problem Based Learning. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilibunila.ac.id), diakses 13 Juni 2017. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Nurhayati, Isni. 2018. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik. Jurnal Pendidikan Pendidikan Matematika Unila. Vol. 6, No. 5.
Wijayanti, Chusna. 2017. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-F SMPN 22 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitaslampung.
Yulisa. 2015. Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Soctrates dan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=315095&val=7232&title=DISPOSISI%20BERPIKIR%20KRITIS%20MATEMATIS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20DENGAN%20METODE%20SOCRATES%20DAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL), diakses 20 Oktober 2017.
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.