Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Quasi experimental research to find the influence of think pair share student’s mathematical communication. The population of this research was students grade VII Junior High School 4 Tulang Bawang Tengah academic year 2017/2018 that distributed eight class, from VII A-VII H. The sampling cluster random sampling technique and it was chosen students VII A and VII B sample. The design used in research the pretest-posttest control group design. Research data through test of mathematical communication. The data analysis which was used Mann-Whitney U. The result of this research show that enhancement of mathematical communication student who follow learning with think pair share higher than mathematical communication of student who follow learning with convensional. Based the results and working through of research, the conclusion of the research is the TPS influence to student’s mathematical communication.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 terdistribusi dalam delapan kelas, VII A-VII H. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling kelas VII A dan VII B sebagai sampel. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-WhitneyU. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi dari kemampuan komunikasi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: komunikasi, pengaruh, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://www.komisiinformasi.go.id/regulasi/download/id/101), diakses 13 Juli 2018. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Peraturan tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/-2004. (Online), (http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/PAKET%20FASILITASI/SMP/Analisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf), diakses 13 Juli 2018. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak di terbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Husna, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang. (Online), Vol. 1 No. 2, (http://journal.unnes.ac.id), diakses 07 Mei 2014.
Marlina. 2014. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1Bireun. (Online), (http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1341), diakses 13 Juli 2018.
Muzayyanah, Arifah. 2009. Pening katan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pem belajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Koopera tif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Di Sma Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika sekolah. PM. 27 Hlm. 300-318. (Online), (http://staff.uny.ac. id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Semnas%20UNS-Kuswari.pdf), diakses 30 November 2017.
Nadhirol Husnul. 2015. Model Pembelajaran Ttw Dan Tps Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Bangun Datar. (Online), Vol 4 No 9, (http://jurnal.un tan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11286), diakses 12 Juli 2018.
PISA. 2015. Result in Focus. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/ pisa-2015-result-in-focus. Pdf), diakses 8 November 2017.
Ratumanan, T.W. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: UNESA University Press.
Sheskin, David J. 2003. Book 1 Parametric and Nonparametric Statistical Procedures Third Edition. Washington D.C.: Chapman & Hall / CRC. (Online), (https://www.taylorfranci s.com/books/9781351456173), diakses 12 Juli 2018.
Soviawati Evi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. (Online), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/2677), diakses 12 Juli 2018. Jakarta: Ganesa.
Sumarmo, Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi: Refika Aditama.
Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer . (Online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/51768288/Filsafat_Ilmu__Prof_Sunarto_.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1531412217&Signature=ELRmAzeGNwpUbNzXQJl8qpYLck%3D&response-content disposition=in line%3B%20filename%3DFilsafat_IImu_Point_of_Review.pdf ), diakses 12 Juli 2018. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Result in Mathe matics. (Online), (http:// timss andpirls.bc.edu/timss2015/international results/wpcontent/uploads/filebase/full%20pdfs/T15International Results in Mathematics.pdf), diakses 29 November 2017.
Yonandi. (2010). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.