Pengembangan LKPD Berbasis POE Pada Konsep Kesebangunan untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa

Budiono Budiono, Sugeng Sutiarso, Syarifuddin Dahlan

Abstract


This study aims to produce and determine the effectiveness of the use of student worksheets in improving students' mathematical argumentation skills, with concepts of form and concurrency. The population in this study is the students of class IX SMP Negeri 2 Semaka years of teaching 2017-2018, as a sample class IX.A and IXB. The research design used is non equivalent control group design.  Effectiveness was measured by n-Gain test results analyzed by t-test, student responses to students' worksheets and learning execution. The results showed that the use of student worksheets was quite effective in improving students' mathematical argumentation skills, as evidenced by n-Gain experimental class (0.64) higher and significantly different from control class (0.21). The result of the test of the work sheet of the learners by the teachers 90.00% (very good), and the percentage of learning implementation by students (96.83%) with the criteria of "well done"

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik dalam meningkatkan kemampuan argumentasi matematika siswa, dengan konsep kesebangunan dan kekongruenan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Semaka Tahun Ajaran 2017-2018, sebagai sampel kelas IX.A dan IXB. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design.   Efektivitas diukur berdasarkan n-Gain hasil tes yang dianalisis dengan uji-t, respon siswa terhadap lembar kerja siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa cukup efektif meningkatkan kemampuan argumenntasi matematika siswa, yang dibuktikan dengan n-Gain kelas eksperimen (0,64) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (0,21).  Hasil uji keterlaksanaan lembar kerja peserta didik oleh guru 90,00% (sangat baik), serta persentase keterlaksanaan pembelajaran  oleh siswa (96,83%) dengan kriteria “terlaksana dengan baik”

Kata kunci: 
LKS, poe, kemampuan argumentasi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, 2015. Guru Sains Sebagai Inovator. Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penilaian Program Pendidik-an. Jakarta: Bina Aksara.

Borg &Gall,2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Brooks, M.G.1999. In search of understanding: The Case for constructivist classrooms.

Creswell,J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. . London: SAGE Publication.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta.

Erduran, S., Simon, S. & Osborne, J. (2004). TAP ping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s argument pattern for studying science discour-se. Science Education, 88(6), 915-933.

Erduran, S. Ardac, D. & Guzel, B.Y. 2006. “Learning To Teach Argumentation: Case Studies of Pre-Service Secondary Science Teachers”. Eurasia Journal of Mathe-matics, Science and Technology Education, 2, (2): 1-13

Malcolm. 2011. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra,

Permendiknas, R. I. No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Prastowo, 2015. Panduan Kreatif Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Restami, M.P., K, Suma; dan M, Pujani 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. (Tesis). Singaraja: Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyono 2014. Model Pembelajar-an Berbasis Multipel Repre-sentasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.

Suriasumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.