Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Belief Siswa

Gustiara Tuah Puteri, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


 

This research aimed to know the effectiveness of discovery learning model in terms of students’ reflective thinking skill and belief. The population of this research was students of grade VII in SMP Negeri 22 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into 11 classes. Samples of the research were students of VII/A and VII/C class that were determined by purposive random sampling technique. The design which used was pretest-posttest control group design. The data of this research were obtained by reflective thinking skill test and belief scale. Analysis data of the research used t-test. Based on the result of the research and the data analysis, it was concluded that discovery learning model was effective in terms of students’ reflective thinking skill and belief.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan belief siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 BandarlampungTahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian adalah siswa pada kelas VII/A dan VII/C yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan skala belief. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan belief siswa.

 

Kata kunci: belief, berpikir reflektif, model pembelajaran discovery

 


Full Text:

PDF

References


Agung, Ahmar Dwi. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Alam Sekitar Kelas III di SD Islam Terpadu Ibnu Mas’ud Kulon Progo. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: UNY. (Online), (http://eprints. uny.ac.id/8597/), diakses 23 Mei 2018.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Hasan, Nadia Dezira. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP. Tesis diterbitkan. Bandung: UPI. (Online), (http://repository.upi. edu/18222), diakses 17 Oktober 2017.

Kurniawati, Siska. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Kusumaningrum, Maya, Abdul Aziz Saefudin. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding. Yogyakarta: FMIPA UNY. (Online), (http://eprints. uny.ac.id/ 8512/), diakses 5 Desember 2017.

McDonough, A, Peter Sullivan. 2014. Seeking Insights into Young Children’s Beliefs about Mathematics and Learning. International Journal of Educational Studies in Mathematics. (Online), Vol. 87, Hlm. 279-296, (https://www.deepdyve. com/lp/springer-journal/ seeking-insights-into-young-children-s-beliefs-about-mathematics-and -MomRNv0h4I?key =springer), diakses 4 Februari 2018.

Mutahiria, Ismi Vita. 2015. Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

OECD. 2016. Program for International Student Assesment (PISA) 2015 Result in Focus. (Online), (http://www.oecd. org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 9 Desember 2017.

Prasetyawan, Enggar. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Terhadap Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Eduka Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis. (Online), Vol.1, No.5 Tahun 2017, (http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/view/ 812/674), diakses 24 Maret 2018.

Yuliana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.