Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis

Laili Fauziah Sufi, Haninda Bharata, Suharsono S

Abstract


This research development aims to find out how the result of developing LKPD based on PBL and its effectiveness to mathematical communication and disposition ability of students. Subjects in this research development is students of class VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Academic Year 2016/2017. The research data was obtained through mathematical communication test and mathematical disposition scale of the students. Preliminary study results indicate the need for the development of LKPD based on PBL. Validation results indicate that LKPD has met the content and design feasibility standards. The results of a limited trial show that LKPD is included in either category. The conclusion of this research are (1) improvement of students' mathematical communication and disposition ability following learning using LKPD based on PBL  higher than students who follow conventional learning and, (2) LKPD based on PBL is effective for improving students' mathematical communication skills and mathematical disposition of students.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil mengembangkan LKPD berbasis PBL serta efektifitasnya terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala disposisi matematis siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis PBL. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (2) LKPD berbasis PBL efektif untuk meningkatkan ke­mampuan komunikasi matematis siswa dan disposisi matematis siswa.

Kata kunci: LKPD PBL, komunikasi matematis, disposisi matematis


Full Text:

PDF

References


Anita, N.M.Y., Karyasa, I. W., & Tika, I. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (Online), Vol. 3, (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/downloa/800/585), diakses 15 Januari 2018.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaymakci, Selahatin. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. [Online]. Journal. Available: http://eric.ed.gov/. [1st of Februari 2017]

Menggala, Yudha. 2016. Nilai Matematika Paling Turun pada UN 2016. Jakarta. (online). Tersedia di (http://www. republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/06/10/o8k0jf284-nilai-matematika-paling-turun-pada-un-2016) diakses 5 Desember 2016.

Musliha, Fitri Hayati. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Namorambe. Tesis Tidak Dipublikasikan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Noer, S.H. 2012. Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012: UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/ 10098/), diakses 19 September 2016.

OECD. 2015. PISA Learning Mathematics for Life. Paris: OECD.

Ridayanti H, Rika. 2017. Pengembangan LKPD dengan Menggunakan Mod-el PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, (Online), Volume 5, No. 5, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/746), diakses pada 13 Mei 2018

Ristika. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, (Online), Volume 5, No. 10, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/806), diakses pada 13 Mei 2018

Sari, Shinta. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika UNP Vol. 3 No. 2, pp. 54-59.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: CV Alfabeta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Volume 1 No. 1, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/), diakses pada 01 Februari 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.