Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Raisa Adira Syofitami, Rini Asnawati, Budi Koestoro

Abstract


This experimental aimed to know the effectiveness of cooperative learning type Think Talk Write (TTW) towards the students' mathematical representation skill in Comparative material. The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 22 Bandarlampung in academic year 2017/2018 which were distributed into eleven classes. The sample of this study were all students of class VII G and VII I selected by using purposive sampling technique. This research used pretest posttest control group design. The research data were obtained by the test of mathematical representation. Analysis of this research data used t test. Based on the results of the research and discussion, it was concluded that Cooperative learning Think Talk Write (TTW) type was not effective towards students' mathematical representation skill.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi Perbandingan.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas.  Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII G dan VII I yang dipilih melalui teknik purposive sampling.  Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design.  Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa.  Analisis data penelitian ini menggunakan uji t.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) tidak efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa

 

Kata kunci: efektivitas, representasi matematis, think talk write


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian pendidikan. (Online), UPI Volume 13, No.2, Hal.2, (http:// jurnal.upi.edu), diakses 19 Oktober 2017.

Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama: Bandung.

Hasanah, Umi. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Tipe TTW Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: UNILA.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Repreentasi pada Siswa SLTP. Disertasi diterbitkan. Bandung UPI. (Online), (http: //repository.upi.edu/id/eprint/8076), diakses 18 Oktober 2017.

Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. (Online), STKIP Siliwangi Bandung, Volume 2, No.1, Hal.91, (http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 19 Oktober 2017.

Mulyasa. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakaya. Bandung.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV. Eko Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.