Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning towards student's mathematical problem solving skill. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 5 Bandar Lampung in academic year of 2017/2018 which were distributed into eleven classes. The samples of this research were students of VIII-A and VIII-B class which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the essays test of mathematical problem solving skill. Analysis data of the research using non parametric test that is Mann-Whitney U test. Based on the research results and discussion, it was concluded that discovery learning affects the student's mathematical problem solving skill.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: discovery learning, pemecahan masalah matematis
Full Text:
PDFReferences
Diana, Lely. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Fadilla, Dina Cahya. 2017. Efektivitas Model Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Confidence Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Fatmawati, Fitri. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlotul Qur’an Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/ 2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Gusmania, Yesi & Marlita. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. (Online), Unrika Journal of Mathematics Education Research, ISSN 2301-5314, (http:// journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/download/467/351), diakses pada 3 April 2018.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Henningsen & Stein. 1997. Mathematical Tasks and Student Cognition: Classroom-Based Factors That Support and Inhibit High-Level Mathematical Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 28, No. 5, Hlm 524 – 549. (Online), (http:www.jstor.org/stable/749690?read-now=1&-refreqid=excelsior%3A7e2b46d90118971b57d7ef4873b472cb&seq=1#page_scan_tab_contents), diakses pada 22 Februari 2018.
Muhammad, Nurdin. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa. (Online), Uniga Journal of Mathematics Education Research, ISSN 1907-932X, (http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/83/85), diakses 4 April 2017.
Noer, Sri Hastuti. 2007. Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kreatif (Penelitan Eksperimen pada Siswa Salah Satu SMP N di Bandar Lampung). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (https://www.oecd.org), diakses 2 Mei 2017.
Purnomo, Rizki Hary. 2017. deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Socrates Saintifik (Penelitian Kualitatif Deskripstif pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 22 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemdikbud.go.id), diakses 14 Desember 2016.
Rofiqoh, Zeni. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (lib.unnes.ac.id/22322/1/4101411053-s.pdf), diakses pada 4 April 2018.
Sari, Fitri Anita. 2017. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Setiawan, H. Dafik, dan Lestari, S. 2014. Soal matematika dalam pisa kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Volume 1, No. 1, Hal. 4. (Online), (http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/955), diakses 23 maret 2018.
Yusnani, Heni. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa (Studi pada Sis-wa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.