Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
This experimental research aimed to find out the effectiveness of discovery learning model in terms of student's mathematical problem solving skill. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 3 Natar in academic year of 2017/2018 which were distributed into ten classes. The samples of this research were students of VIII-D and VIII-E class which were chosen by purposive sampling. The design of this research was posttest only control group design. The research data were obtained by the test of mathematical problem solving skill. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test. Based on the research, it was concluded that discovery learning model was not effective in terms of students mathematical problem solving skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D dan VIII-E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: discovery learning,efektivitas, pemecahan masalah matematis siswa
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Habriah. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri melalui Pen-erapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. (Online), Volume 3, No.3, (http://-id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7684), diakses 15 Maret 2018.
Diana, Lely. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidance Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Unila.
Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education 7th Edition. New York: Mcgraw-hill Inc.
Muhammad, Nurdin. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa. (Online), Uniga Journal of Mathematics Education Research, ISSN 1907-932X, (http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/83-85), diakses 5 April 2018.
Setya, Dewi. 2014. Peningkatan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Pati Tahun 2014. (Online), Artikel Publikasi Ilmiah, (http://eprints .ums.ac.id/32898/9/9.%20ARTIKEL%20PUBLIKASI%20ILMIAH.pdf), diakses 7 Maret 2018.
TIMSS. 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms2015.org/timss2015/mathematics/studentachievment/distribution-of-mathematics-achievement/), diakses 17 Maret 2017.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Vahlia, Ira. 2015. Perbandingan Penggunaan Metode Collaborative Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Darul Arafah. (Online), Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, No.2, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=391855&val=7291&title=), diakses 20 Maret 2018.
Yusnani, Heni. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.