Efektifitas Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Riska Restiani, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) strategies based on ethnomathematics in terms of studentsconcep-tual understanding of mathematics. The population of this research was all students of grade VII of SMP Negeri 2 Sendang Agung, Central Lampung Regency in academic year of 2017/2018. The sample of this reseacrh was students of VIIC class which were taken by cluster random sampling technique. This research used one group pretest-posttest design. The research data were obtained by studentsconceptual understanding of mathematics test. Analysis data of this research used -test. Based on the result of research and analysis data, it was concluded that REACT strategies was not effective in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. However, understanding mathematical concepts of students after following REACT learning strategy was better than before following REACT learning strategy.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berbasis etnomatematika ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji- . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa strategi REACT tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Namun pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada sebelum mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT.

Kata kunci: Efektivitas, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis,Strategi REACT,


Full Text:

PDF

References


Artha, Ria Anzani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 2, No. 4, (http://download.portalgaruda.org), diakses 13 Februari 2018.

Crawford, L.M. 2001. Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and science. Texas: CCI Publishing, Inc.

Huo, Meldi. 2013. Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Limboto. Jurnal Fakultas Matematika dan IPA. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://kim.ung.ac.id), diakses 30 Oktober 2017.

Kilpatrick, Jeremy, Jane Swafoord, & Bradford Findell. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Journals. (Online), Vol. 34, No. 6, (http://subs.emis.de), diakses 20 Oktober 2017.

OECD. 2016. PISA Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD, (Online), (https://oecd.org), diakses 22 Oktober 2017.

Murizal, Angga. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 23 Oktober 2017.

Rahayu, Siti. 2012. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta. Thesis diterbitkan. (Online). (http://eprints.uny.ac.id), diakses 12 Februari 2018.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Result In Mathematics, TIMSS, (Online). (http://timss2015.org), diakses pada 26 Oktober 2017.

Santika, Agung. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten. Thesis diterbitkan. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/), diakses 12 Februari 2018.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Basilissa Dewi. 2016. Kebiasaan Belajar Dua Siswa Dari Keluarga Marginal di MTS. AL-Makmkur. Jurnal PsikoEdukasi. (Online), Vol. 14, No. 2, (http://ojs.atmajaya.ac.id), diakses 23 Februari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.