Efektivitas Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Ridha Muzayyana, M Coesamin, Arnelis Djalil

Abstract


This researchaimed to know the effectiveness ofAuditory, Intellectually, RepetitionLearning in terms students understanding of Mathematical concepts. This research used one group pretest-posttest desain with population wasstudents of grade VII in SMP Global Madani Bandarlampung. The samples of this research was students of VIII/3class which were chosen by purposive sampling technique. Research data of students understanding of Mathematical concepts obtained through the test.The result of data analised by Wilcoxon test and Binomial Sign Test showed that Auditory, Intellectually, RepetitionLearning Model was effective in terms students understanding of Mathematical concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Global Madani Bandarlampung. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII/3 yang dipilih dengan teknik purposivesampling. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Tanda Binomial menunjukkan bahwa pembelajaran AIR efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: auditory intellectually repetition, efektivitas, pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Ainiah, Qurotuh. 2012. Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10079/1/P%20-%2075.pdf), diakses 2 Oktober 2017.

Alan, Usman F. 2017. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol.11 No.1, Januari 2017, (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/download/3890/2155), diakses 20 Januari 2018

Burhan, Arini Viola. 2014. Penerapan Model AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Part 1 Vol. 3 No.1 Hal. 6-11, (http//ejournal.unp.ac.id/-students/index.php/pmat/article/download/198/890), diakses 2 Oktober 2017.

Depdiknas RI. 2004. Peraturan Tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Fitri, Selviani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnale-DuMath.(Online),Vol. 2 No. 2, Agustus 2016 Hlm. 193-201,(http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath), diakses 18 November 2017.

Gustriana. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually and Repetition) dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas VII MTs Batamiyah. Jurnal Phytagoras. (Online), (http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/download/959/833), diakses 18 November 2017.

Rahayuningsih, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (Air). Journal of Educational Innovation. (Online), Vol. 3 No. 2, Juni 2017 e-ISSN: 2549 8673, (http://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/196), diakses 21 Januari 2018.

Septriani, Nicke. 2014. Pengaruh Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3 No. 3(2014) Part 1 Hal: 17-21, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1330/955, diakses 20 Januari 2018.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.