Pengembangan LKPD Model Inkuiri Terbimbing Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Komunikasi

Surya Tiningsih, Tina Yunarti, Haninda Bharata

Abstract


This research aimed to develop student worksheet learner (LKPD) development using guided inquiry model in facilitating communication skills and communication disposition. The type of research used development research of Borg & Gall. The result procedure was preliminary research, designing student worksheet making and preparation of learning instruments, expert test, and small group test on research subject. Data collecting technique used observation techniques, documentation, interviews, questionnaires, and tests. The subjects of this research were students of class XI IPS 3 (Social science) at SMAN 1 Pringsewu academic year 2016-2017. Based on the research result of LKPD Guided Inquiry Model could facilitate students communication skills and disposition communication of the problems on LKPD. The result and learning process showed that student worksheet guided inquiry model made communication skills and disposition of mathematical communication of facilitated students could be seen from achievment all indicators of communication skill and disposition of mathematics.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangan LKPD model inkuiri terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi dan disposisi komunikasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian yaitu penelitian pendahuluan, mendesain pembuatan LKPD dan penyusunan instrumen pembelajaran, uji ahli, uji keterbacaan, uji kelompok terbatas, dan uji kelompok kecil pada subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Subjek dalam penelitian pengembangan LKPD model inkuiri terbimbing pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian LKPD model inkuiri terbimbing dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi dan disposisi komunikasi siswa dari masalah-masalah pada LKPD. Hasil dan proses pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD Model Inkuiri Terbimbing membuat kemampuan komunikasi dan disposisi komunikasi matematis siswa terfasilitasi terlihat dari tercapainya semua indikator kemampuan komunikasi dan disposisi komunikasi.

Kata kunci : Komunikasi, disposisi, LKPD, inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. dan Gall, M.D. 2008. Educational Research An Intro-duction. New York: Longman.

Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Pe-nemuan Terbimbing untuk Me-ningkatkan Kemampuan Re-presentasi dan Pemecahan Ma-salah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13, No. 2.

Fitri. 2013. Skor Pisa: Posisi indonesia nyaris menjadi juru kunci. Artikel. [Online] Koor-dinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah XII. Maluku Utara. Di-unduh tanggal 18 mei 2015.

Hasibuan, Haryani. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMAN.1 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Mate-matika. Vol. 3, No. 1, Hal.38-44.

Izzati, N. & suryadi,D. 2010. Komunikasi Matematika Dan Pendidikan Matematika. Makalah di presentasikan pada Seminar Nasional di Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY, Yogtakarta pada tanggal 27 November2010

Karim, Asrul. 2011. Penerapan Me-tode Penemuan Terbimbing da-lam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Ber-pikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Edisi Khusus. No.1. ISSN 1412-565X.

Kuhlthau, Carol C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21 st Century. School of Communication, Rutgers The State University of New Jersey. USA. Volume 16, Number 1, 17-28

Mahmudi, Ali. 2006. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Mate-matika Siswa Melalui Pem-belajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, 17 April 2010.

Olteanu, Lucian. 2014. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology: Construction of tasks in order to develop and promote classroom communica-tion in mathematics. 29 January 2015,. [Online].

PISA. 2015. Programme For International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2015. www.oecd.org. edu/pisa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.