Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Peggy Nurida Asri, Tina Yuniarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of guided inquiry learning model in improving students' mathematical communication skills. The population of this study was all 8th grade students SMP Negeri 17 Pesawaran in academic year 2016/2017 which were distributed in 8 classes. The sample of the research were students of class VIII-D and VIII-E selected by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The instrument of this research was essay test of mathematical communication skill. The data analysis of this research used t test. The result of data analysis showing that guided inquiry model influenced in improving students' mathematical communication skills.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel dari penelitian adalah kelas VIII-D dan VIII-E yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, komunikasi matematis, pengaruh.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2013. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: 2013

Dewi, Puspa. 2016. Efektivitas Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. Lampung: Unila. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 18 September 2016.

Haqiqi, Novrian Eriantas. 2016. Penerapan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi diterbitkan. Lampung: Unila. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 18 September 2016.

Marhaeni, I. (2007). Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. Makalah dalam Penyusunan Kurikulum dan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Universitas Udayana Vol.2 No.2.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika.

NCTM, 2007. Curriculum and Evaluation Standards for Scool Mathematics. (Online), (http//www.nctm.org/standards/content.aspx?id=270), diakses 15 Januari 2017.

OECD. (2013). PISA 2012 result: what student know and can do student performance in mathematics, reading and science (volume i). (Online), (http://www.oecd.org/ pisa/keyfindings/pisa-2012-result-volume-I.pdf), diakses 28 Januari 2016.

Sumarmo, U. 2002. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wartono, dkk. (2009). Materi Pelatihan terintegrasi Sains (buku 4). Proyek PSPP Depdiknas. Jakarta.

Yonandi, 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer pada siswa SMA. Disertasi pada PPs UPI, tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.