Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Abstract
This study aims to produce contextual based worksheet that meet the valid, practical and effective criteria improving mathematical communication skills. Development phase and research preliminary study, planning, development worksheet, validation worksheet, and field test. Subjects is students class VIIIB SMP Negeri 30 Bandar Lampung. The design field test phase is one group pretest-posttest design. Research data obtained through questionnaire, and test mathematical communication ability. Data analysis prevalence by material experts and media experts, average score of 3.3 and 3.6 so that both are categorized very well; practicality test by teacher and students obtained the average score 3.7 and 3.13 so that both categorized very well; and effectiveness test Contextual based worksheet obtained gain of 0.71 which shows improvement communication ability included in high criterion. Thus concluded that Contextual based worksheet is valid, practical, effective to improve mathematical communication ability.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis kontekstual yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Tahap Pengembangan dan penelitian ini yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan LKPD, validasi LKPD, dan uji lapangan. Subjek adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Desain tahap uji lapangan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data kevalidan oleh ahli materi dan ahli media, diperoleh rata-rata skor 3,3 dan 3,6 sehingga keduanya dikategorikan sangat baik; uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata skor 3,7 dan 3,13 keduanya dikategorikan sangat baik; uji efektivitas LKPD berbasis kontekstual diperoleh gain sebesar 0,71 yang menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi termasuk dalam kriteria tinggi. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis kontekstual valid, praktis, efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Kata kunci : Komunikasi matematis, kontekstual, LKPD.
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. van den. 1999. Principles and Methods of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher
Arnanto, Ganggang Canggi. Mochamad Bruri Triyono. 2014. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet Di Smk Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 4, No. 3. November 2014.
Borg W.R dan Gall, M.D (1989) Education Research: An Introduction, New York: Longman.Inc
Fadli. 2015. Interaksi Guru-Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dan Keterampilan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) 2015. Palembang 16 Mei 2015.Hal. 183-188.
Futriyana, M. 2012. Reliabilitas, Kepraktisan, dan Efek Potensial Suatu Instrumen. [Online]. Tersedia di http://merlitajodi.blogspot.co.id/p/validitas-danreliabilitas.html.
Haviz, M. 2013. Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Tadib. Volume 16, No. 1 Juni 2013.
Eko, Dian. 2013. Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) dengan Pendekatan Investigasi Kelompok Guna Mengoptimalkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi. Vol. 3. No. 1 Hal. 63-67.
Lange, J. de. (2007). Large-Scale Assessment and Mathematics Education. In F. K. Lester (Ed.), Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 11111142). USA: Information Age Publishing Inc.
Purboningsih, Dyah. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015.Prosiding ISBN.978-602-73403-0-5
Sari, Eka. Syamsurial. Asrial. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains. Volume 5 No. 2 Hal. 8 17.
Syahbana, Ali. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica. Volume 02, No. 02, Hal. 17 26. Oktober 2012.
Syaiful. 2011. Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica. Vol. 01 No. 02 . Hal. 1 13. Oktober 2011.
Van den Heuvel-Panhuizen, Marja. 1996. Assessment and realistic mathematics Education. Utrecht: CD-B Press.
Wahyudi, Tri. Zulkardi. Darmawijoyo 2016. Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3. No. 1. Hal. 1 - 14. April 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.