Pengembangan LKPD dengan Model Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Restu Fristadi, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research was aimed to produce students worksheet based on Guide Inquiry and find out its effectiveness towards students mathematical communication. The research subject was grade XI students in SMAN 1 Gedongtataan Pesawaran Lampung, in academic year 2016/2017. The stages of development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs, and mathematical communication ability test. The content and media expert said that of the students worksheet development was valid. The result of main field testing showed that the students mathematical communication ability that used student worksheet based on Guide Inquiry more than students mathematical communication ability that didnt use students worksheet. In conclusion this research that the students worksheet based on Guide Inquiry was effective to increase students mathematical communication ability.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang dikembangkan dengan Model Inquiry Terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Gedongtataan Pesawaran Lampung, pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil yang diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media. Hasil akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis Inquiry Terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis Inquiry Terbimbing. Simpulan penelitian ini bahwa LKPD berbasis inquiry terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci : Inquiry Terbimbing, Komunikasi Matematis, LKPD.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Siti S.S., dan Roziati Z. 2008. A Cognitive Tool To Support Mathematical Communication in Fraction Word Problem Solving. Weseas Transactions on Com-puters. Vol. 7, No. 2: 228-236.

Anggraini, Astuti. 2015. Peran Kemam-puan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matema-tika. Jurnal Formatif Vol. 2 No. 2: 102-110.

Baroody. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Comunicating, K-8 Helping Children Think Mathe-matically. New York : Macmillan Publishing Company.

Borg, W.R dan Gall, M.D. 1989. Edu-cational Research and Intro-duction.Newyork: Longman

Febriawan, Yoggy. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 9: 1739-1743.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kosko, Karl. W & Jesse L. M. Wilkins. 2013. Mathematical Communi-cation and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol. 5, No. 2: 1-20.

Kuhlthau, Carol C. 2006. Guided Inquiry Learning In The 1st Century. Westport, Ct: Libraries Unlimited.

Lindawati, Sri. 2015. Pembelajaran Mate-matika Dengan Pendekatan Inkuiri terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan: Vol. 1, No. 2: 2338-2996.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU. Vol. 8, No. 1: 1-9.

Misnawi. 2014. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan UMSIDA Vol. 3, No. 1: 45-53.

Purwasih, Ratni. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Mate-matis Dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Bandung: Jurnal Ilmiah STKIP Sili-wangi Bandung. Vol. 9, No. 1: 16-25.

Son, Aloisius L. 2015. Pentingnya Kemampuan Komuniasi Matema-tika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wira-lodra. Vol. 7, No. 1: 1693-7945.

UNDP. 2014 Human development report. New York: Oxford University Press.http://www.undp.org/content/undp/en/home/presscenter/events/2014/july/HDR2014, diakses pada 2 November 2016.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.