Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Rizka Dwi Septiani, Arnelis Jalil, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental reseach aimed to find out the effectiveness of discovery learning model in terms of students mathematical problem solving abilities. The population of this research was all students of grade VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung in academic year of 2017/2018 that ware distributed in 10 classes.the sampling was done by purposive sampling technique and it was chose students of VII-B and VII-D as sampes. The design of this research is pretest-postest control group design. The data analysis which was used was Man-Whitney U test and proportion test. Based on research results obtained that model discovery learning is not effective in terms of mathematical problem solving abilities.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terplih pada siswa kelas VII-B dan VII-D sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan uji Man-Whitney U dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, discovery learning, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Adiyoga, Restu. 2008. Pengaruh Strategi Meands-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Bandung. Diterbitkan (online), (http://repository. upi.edu), diakses 7 Desember 2016.

Evi. 2014. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP di Provinsi Gorontalo Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Seperitem. Hasil Penelitian Hibah Universitas Negeri Gorontalo 2014. Diterbitkan [online]. http://repository. ung.ac.id. (Diakses pada 15 Maret 2017).

Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Thesis. Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. Diterbitkan (online), (http://repo-sitory.upi.edu/id/ eprint/7975), diakses 01 Juni 2017.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill. Diterbitkan (online). http://library .um.ac.id/free contents/index. php/buku/detail/pembelajara n-discovery-strategy-mental- vocational-skill-mohammad- takdir-ilahi-45296.html,diak- ses pada 16 November 2016.

Kurniasih, I. dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.Yogyakarta: Kata Pena.

NCTM. 2007. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning Dan Kemam-puan Berpikir Reflektif Da-lam Pembelajaran Matema-tika. Prosiding Seminar Na-sional Matematika dan Pen-didikan Matematika 2008. Diterbitkan (online), (http://eprints.uny. ac.id/id/ eprint/6943), diakses 20 Desember 2016.

OECD. 2016. PISA 2015 results: what students know and can do student performance in mathematics, reading and science (volume i). diterbitkan (online), (Error! Hyperlink reference not valid. Maret 2016.

Okpiyanto, Teguh, Wahyudi, Tri Nova Hasti Yunianta. 2015. Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Berpi- kir Kreatif Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 di SMPN 2 Susukan. Jur nal. Salatiga : UKSW. (online). http:// repository. uksw.edu/bitstream/1234567 89/5610/3/T1_202010024_Fu l%20text.pdf , diakses pada 25 Juli 2017.

Sabandar, Jozua. 2009. Berfikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Sarana Aktivitas dan Unggulan Guru. Vol.8 (3) Diterbitkan (online), (http://jurnal.upi. edu), diakses 20 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.