Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of problem based learning with metacognitive strategy in increasing students mathematical problem solving abilities. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School of Global Madani Bandar Lampung in academic year of 2017/2018 as much as 95 students that were distributed into 4 classes. The sampling was done by cluster random sampling technique and it was chosen students of VIII-2 and VIII-4 as samples. The design which was used in this research was the static-group pretest-posttest design. The data analysis which was used was chi-square test and test. The results of research showed that the increasing of students mathematical problem solving ability using PBL model with metacognitive strategy was not high enough. It indicated that PBL model with metacognitive strategy wasnt effective to increase students problem solving ability.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah dengan strategi metakognitif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 95 siswa yang terdistribusi dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII-2 dan VIII-4 sebagai sampel. Desain yang digunakan adalah the static-group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-kuadrat dan uji . Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL dengan strategi metakognitif tidak tergolong tinggi. Dengan demikian, model PBL dengan strategi metakognitif tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: pemecahan masalah matematis, strategi, metakognitif
Full Text:
PDFReferences
Brown, R. S. dan ONeil, Harold F. 2007. Differential Effects of Question Formats in Math Assessment on Metacognition and Affect. Applied Measurement in Education, Volume 11, Nomor 4, 331351
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.
Larasati, Diyas. A. 2012. Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi SMA. Jurnal Geografi, Volume 9, Nomor 1, 32-40
Livingston, Jennifer. A. 2003. Metacognition: An Overview. (online). (https://www.researchgate.net/publication/234755498_Metacognition_An_Overview), diakses 5 November 2017
Mawaddah, Siti dan Anisah, Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif di SMP. MATH-EDU Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, 166-175.
Mufidah, Arum. D. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 4, Nomor 2.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia
Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasar Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya
Wachrodin. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa Melalui Model Based Learning (PBL) dengan Penugasan Berstruktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 34, Nomor 1, 85-94
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.