Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta D idik

Novarian Novarian, Caswita Caswita, Undang Rosidin

Abstract


This research was aimed to produce the students worksheet based on Problem Solving that valid and practical, and effective to increase students mathematical communication ability. The research subject was grade VII students in MTS Negeri 1 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. The design of this research is one group pretest-posttest design. The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs and mathematical communication ability test. Based on the results of the validity by media and material expert and practical test by students and teacher, the students worksheet based on Problem Solving was classified as excellent. The results of the effectiveness of students worksheet show that 75% of students reached KKM and the indeks gain was high. So it can be concluded students worksheet based inquiry was effective to increase the mathematical communication ability of students.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis problem solving yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTS Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil uji kevalidan oleh ahli media, materi dan uji kepraktisan oleh siswa dan guru serta uji efektif dari hasil kemampuan komunikasi matematis, LKPD berbasis Problem Solving tergolong semuanya baik. Hasil analisis kevalidan, kepraktisan, efektifan data menyatakan bahwa LKPD berbasis Problem Solving valid, praktis, efektif, dan hasil indeks gain yang diperoleh dikategorikan tinggi. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Solving valid, praktis, efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Kata kunci: Problem Solving, komunikasi matematis, LKPD.


Full Text:

PDF

References


Akker, J., et al. 2006. Education Design Research. London and New York : Routledge.

Jawasi, Putri,D,A. Testiana,Gusmelia.2015. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Untuk Materi Dimensi Tiga Di Kelas X Man 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.1, No.1, September 2015

Kurniawati, Lia. 2006. Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMP, ALGORITMA Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1, 2006.

Nurliawaty, Lilis, Mujasam. Irfan Yusuf. Sri Wahyu Widyaningsih. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207. Vol. 6, No.1, April 2017.

Pamungkas,Subhan.A. Yuhana,Yuyu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JPPM Vol. 9 No. 2 (2016).

Prisiska, Neli,Resty. Hapizah. Muhammad Yusuf. 2017. Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii. JPPM. Vol. 10 No. 2 (2017).

Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method, Second Edition, New Jersey: Princeton University Press, 1957.

Rosmawati, Elniati.Sri, Murni, Dewi. 2012. Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1 (2012) Hal. 80-84.

Wahyuningrum, Endang. 2013. pengembangan kemampuan komunikasi matematik siswa smp pengembangan kemampuan komunikasi matematik dengan meas, Jurnal Pendidikan, Volume 14, Nomor 1, Maret 2013, 1-10

Yuliana, Rina. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6 No 1 Tahun 2017.

Yustianingsih, Rizza, Syarifuddin, Hendra. Yerizon. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) September 2017 Vol. 1, No. 2, Hal. 258.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.