Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning model in terms of students mathematical representation skill. The population of this research was studentsofgrade VIII in SMP Negeri 5 Bandarlampung in academic year 2016/2017 wich weredistributed into twenty classes. The sampling was done by purposive random sampling technique and it was chosen student of VIII O and VIII P. This research used pretest-posttest control group design. The instrument of this research was essay test of mathematical representation skill. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test. Based on the result and discussion, itwas concluded that guided inquiry learning model was not effective in terms of studentsmathematical representation skills. But, the increasing of students mathematical representation skills which was taught byguided inquiry learning model was better than conventional learning.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam dua puluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII O dan VIII P. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan representasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Namun, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, representasi matematis
Full Text:
PDFReferences
Daryono. 2011. Metode Think-Talk-Write Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa MTs Negeri Karangampel. Jurnal Ilmu Pendidikan. (online) Vol 1 no 6 (http://ejournal.unwir.ac.id/ file.php?file=preview_jurnal&id=621&cd=0b2173ff6ad6a6fb09c95f6d50001df6&name=Daryono_vol1_no6_januari_2011.pdf), diakses 25 Oktober 2016.
Depdiknas. 2003. UU20-2003 Sis-diknas(online),(http://www. dikti.go.id/files/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf), diakses 25 Oktober 2016.
Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representai pada Siswa SLTP. Skripsi. Bandung: UPI. Diterbitkan (online) (http://repository.upi.edu/8076/2/d_mtk_019847_chapter1.pdf),diakses 5 Oktober 2017.
Mahardika, I.K. 2012. Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Matematis Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, ISSN NO. 2301-9794 (online) (http:// repository.umej.ac.id/handle/123456789/481) diakses 5 Oktober 2017.
NCTM (National Council Teacher of Mathematics). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia. (Online) (http://phy sicsmaster.orgfree.com), diakses 25 Oktober 2016.
Pratiwi, Dwi Endah. 2013. Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan. Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI. Diterbitkan (online) (http://repository.upi.edu/627/),diakses 5 Oktober 2017.
Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. Makalah pada Seminar Hasil Penilaian Pendidikan untuk Kebijakan 14 Desember 2016. (online) (http://puspendik.kemdikbud.go.id) diakses 20 Maret 2017.
Sutrisno, Joko. 2008. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Belajar Sains Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (online) (http://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/MetodePembelajaran_GungunWiyadi_11348.pdf), diakses 29 Oktober 2016.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.