Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Khusnul Mariza, Haninda Bharata, Een Yayah Haenillah

Abstract


Research and development aims to produce LKPD with an effective scientific approach in terms of the ability to understand the concept of learners. The subject of this research is the students of class VII SMP Negeri 3 Batanghari Lesson Year 2017/2018. The design of this research is Pretest-posttest control group design. Research data obtained through observation, interviews, questionnaires and tests the ability of conceptual understanding. The t-test is performed to find out the average difference in conceptual comprehension. LKPD with developed scientific approach has been valid by material experts and media experts. The result of field test showed improvement of students' concept comprehension ability using LKPD with scientific approach showed 74% achievement and average gain of 0.73. Based on the results it can be concluded that LKPD with an effective scientific approach to improve the ability to conceptual understanding of learners.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji-t dilakukan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada kemampuan pemahaman konsep. LKPD dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media. Hasil uji lapangan menunjukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik menunjukkan pencapaian 74% dan rata-rata gain 0,73. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Kata kunci: LKPD, pemahaman konsep, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2010. Pendiidkan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alvermann, D. E. 2001. Effective Literacy Instruction for Ado-lescents. Executive summary and paper commissioned by the National Reading Conference. Chicago, IL. www.lieracyresearchassosiation.org. [Online].

Astuti, Rahma. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Lembar Kerja Siswa Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 No.1.

Borg W.R dan Gall, M.D.1989. Education Research An Introduction. New York : Longman.

Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online). Vol.1No.1,(http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9).

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fraenkel, Jack R dan Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evalute researche in Education. NewYork: Mc. Graw-Hill Inc.

Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Matematika. Blog Edukasi. 27 Mei 2010.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud, 2013. Pendekatan scientific (ilmiah) dalam pembelajaran. Jakarta: Pusbang prodik. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmad B, N. 2012. Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Materi Pokok Geometri Dan Alternatif Pemecahannya. Dalam Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2012, Surakarta, Indonesia. Hal. 97104.

Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universi-tas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sudrajat, Akhmad. 2013. Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran.www.akhmadsudrajat.wordpress.com. Diunduh pada 1 Agustus 2013.

Surapranata, Sumarna. 2009. Interprestasi Hasil Tes. Bandung : Rusda Karya.

Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Untari, Mei Fita Asri. 2015.Implementasi Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika. (http://jurnal.ikippgrisemarang.ac.id/index.php/math/jurnal/download/1/98.

Yuselis. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Vii Mts Patra Mandiri Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA (Online) Vol.1, No.2, Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.