Pengembangan LKPD dengan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Devy Indayani, Sugeng Sutiarso, Een Yayah Haenillah

Abstract


This development research aims to produce the students worksheet based on guided inquiry and find out its effectiveness towards student's comprehension ability test of math concept. The stages of research and development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The subject of this development research is the students grade X of Senior High School AL-Hidayah Raman Utara Lesson Year 2017/2018. The research data is obtained through observation, interview, expert validation test and student's comprehension ability test of math concept. The results showed that (1) students worksheet was valid according to material and media expert (2) the implementation of students worksheet based on guided inquiry were classified as quite effective.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan inkuiri terbimbing terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tahapan penelitian pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA AL-Hidayah Raman Utara tahun pelajaran 2017/2018 Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, uji validasi ahli dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD dengan inkuiri terbimbing terbimbing yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media (2) implementasi LKPD dengan inkuiri terbimbing terbimbing tersebut tergolong kategori cukup efektif.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, LKPD, Inkuiri terbimbing Terbimbing.


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, Wiwin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 5, Nomor 1 Januari 2013 Halaman 81-95. Tersedia di http://jurnal. fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/144. Diakses pada tanggal 05 Juli 2017.

Chairani, Z. 2014. Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Kemampuan Siswa. Disertasi.Universitas Negeri Surabaya. (UNESA): Pascasarjana S3.

Handayani, I.M. 2014. Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Volume 5 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2014, 2086-2334 [OnLine]. Tersedia di http://download. portalgaruda. org/article.php?article=272677&val=5678&title. Diakses pada tanggal 10 Juli 2017.

ltin, I., & Bilgin, A. 2009. A parametric study on the performance parameters of a twin-spark SI engine. Energy Conversion and Management, 19021907.Turkey

Kubicek, P. John. 2005. Inquiry-based learning, the nature of science,and computer technology: New possibilities in science education. Canadian Journal of Learning and Technology. Vol 31(1). Page: 1-5.

Meidawati, Yenny. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Tebimbing Terhadap Peningkat-an Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. [Online]. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2, 2014, artikel 1, 2356-3915. Tersedia didownload.portalgaruda.org/article.php?article=183126&val=6325&title=Pengaruh. Diakses pada tanggal 05 Juli 2017.

Pimm, D. 1996. Meaningful Communication Among Chil dren: Data Collection. Dalam Portia C. Elliot dan Margaret J. Kenney (Eds.), (h.29-34). Communication in Mathematics K-12 and Beyond. Virginia: NCTM

Putrayasa. 2012. Landasan Pembela-jaran. Bali : Undiksa Press

Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf

Sukardjo, M. dan Komarudin, U. 2010. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sumarmo, U. dkk. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan.

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah pada Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, Yogyakarta.

Winataputra, U. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA: Sesuai Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardjo, M. dan Komarudin, U. 2010. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.