Pengembangan LKPD untuk Mendukung Model PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Arief Ageng Sanjaya, Caswita Caswita, Sugeng Sutiarso

Abstract


This research and development aims to develop a valid, practical, and effective LKPD in terms of the critical thinking ability of learners. This development stage starts from the preparation stage, product design, design validation, and LKPD test. The population of this study is students class VIII SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Research data obtained through questionnaire and test. The data obtained are expert validation data, practicality, and critical thinking skills test. The results of data analysis of material expert validation, education, practicality and critical thinking skills test get very good, good, good and good criteria. Conclusion of the research, LKPD with Problem Based Learning model developed meet the criteria valid, practical, and effective review of the ability of critical thinking.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tahapan pengembangan ini dimulai dari tahap persiapan, desain produk, validasi desain, dan uji coba LKPD. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Data yang diperoleh yaitu data validasi ahli, kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data validasi ahli materi, Kependidikan, kepraktisan dan tes kemampuan berpikir kritis mendapatkan kriteria sangat baik, baik, baik, dan baik. Simpulan penelitian, LKPD dengan model Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci: LKPD, Problem based learning, berpikir kritis matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Asuai , Nelson Chukwuyenum. 2013. Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 3 (5):18-25

Borg, Walter R., Meredith D. Gall, and Joyce PGall. 2003. Educational Research an Introdution Seventh Edition. Longman: United States of America.

Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Peserta didik Sma. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi. Bandung. 2(2): 194-202.

Darmodjo, H dan Jennya, R.E Kaligis. 1992. Pendekatan Lingkungan. Jakarta. Depdikbud

Depdiknas. 2004. Kurikulum Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fakhriya, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Semarang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII).3(1):95-101

Febrianti, Widiya. 2015. Analisis Uji Kepraktisan Media Pembelajaran Gelombang Bunyi. Padang. Universitas Negeri Padang.

Hestari, Selvisa. 2016. Validitas, Kepraktisan, Dan Efektivitas Media Pembelajaran Papan Magnetik Pada Materi Mutasi Gen. Ejournal Unesa. Surabaya. 5(1): 7-13 Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Bioedu

Ibrahim. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Berbasis Masalah Terbuka Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Peserta didik. Yogyakarta. UNY.

Marpaung, Yansen. 2003. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Makalah Seminar Nasional Komperda Himpunan Matematika Indonesia Wila-yah Jawa Tengah & DIY. Su-rakarta.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Yogyakarta. Prosiding Seminar Pendidikan nasional Jurusan FMIPA UNY.

OECD. 2006. PISA 2006: Science Competencies for Tomorrows World.volume I. http://dx.doi.org/10.1787/142046885031

Pariska, Ike Suci. Sri Elniati. Syafriandi. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Padang. 1. (1): 75-80

Puspendik. 2015. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Jakarta: Puspendik, Balitbang Depdiknas.

Shobirin, Maas. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal Of Primary Educational. 2(2): 63-70

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Ratna, Yuniar. (2010). Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses dari alamat http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/keterampilan-berpikir- kritis.html. pada tanggal 12 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.