Pengembangan LKPD Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis
Abstract
This research was aimed to produce students worksheet based on problem that valid and effective to increase students mathematical conection ability. The stages of development were preliminary research, design of students worksheet, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The research subject was grade VII students in SMPN 20 Bandar Lampung in academic year 2016/2017.Validation result of content expert show that, students worksheet was categorized good. Validation result of media expert show that, students worksheet was categorized very good. The result of analysis data N-gain mathematical conection ability show that, the increased mathematical conection ability of students who use the students worksheet based on problem is higher than the increased mathematical conection ability of students who didnt use the students worksheet based on problem. Conclution of this research are students worksheet was valid and effective to increase students mathematical conection ability.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh LKPD berbasis masalah yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa, LKPD berbasis masalah termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa, LKPD termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis data N-gain kemampuan koneksi matematis menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL) lebih tinggi dari pada peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, LKPD berbasis masalah telah valid dan efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.Kata kunci: kemampuan koneksi matematis, LKPD, masalah.
Full Text:
PDFReferences
Asari. 2016. Buku Guru Mata pelajaran Matematika SMP Semester 1. Jakarta: Kemendikbud. Career Center Maine Departmen Labour. 2004. Todays work competencies inMaine.[online],(http://www.maine.gov/labor/cwri/publications/pdf/EssentialWorkCompetencies.pdf),di-akses 10 Juni 2016.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Herawati, Linda. 2017. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantu software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Universitas Siliwangi. [Online], Vol3.No1.(http://jurnal.unsil.ac.id.TasikMalaya),diakses 14 November 2017.
Kirschner, P. A., Sweller,J., & Clark, R. E. 2006. Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of The Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry-Based Teaching. Jurnal Educational Psychologist.[Online],(http://www.cogtech.usc.edu), diakses 10 Juni 2017.
Kusumawati, Noviana. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Tesis tidak diterbitkan. Pekalongan:FKIPUNIKAL.
Numan, Mulin. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geometri Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015.
Permana, Y & Sumarmo, U. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist,1(2):116123.[Online],(http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIS.Vol.1_no.2_Juli_2007/6_Yanto_Permana_Layout2rev.pdf ), diakses 6 Maret 2016.
Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Romberg, T.A. & Kaput, J.J. 1999. Mathematics Worth Teaching, Mathematics Worth Understanding. In Elizabeth Fennema & Thomas A. Romberg (Eds), Mathematics Classroom that Promote Understanding. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.
Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis. Bandung: PPS UPI.
Sriyanti, Ni Wayan. 2016. Pengem-bangan LKPD dengan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Tesis. Lampung: UNILA.
Sufi, Laili Fauzia. 2016. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 260 Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Online],(http://hdl.handle.net/11617/6965), diakses 12 Maret 2016.
Sulianto, Joko. 2014. Teori Belajar Kognitif David Ausubel Belajar Bermakna, Zoltan P Dienes Belajar Permainan, Van Heille Pengajaran Geometri. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Mengoptimalisasi Kurikulum 2013. [Online], (http://Scholar.google.-co.id), diakses 13 November 2017.
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Jurnal FPMIPA UPI. [Online], (http://www.academia.edu), diakses 12 Maret 2016.
Yanti, Ati Adi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemam-puan Pemecahan Masalah dan Komunikasi matematis Serta Self-Efficacy Siswa SMP. Tesis. [Online],(http://Repository.unpas.ac.id. Bandung: Pasundan), diakses 10 Juni 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.