Pengembangan LKPD dengan Pendekatan CTL untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis

Anita Ervina Astin, Haninda Bharata, Een Yayah Haeniliah

Abstract


This research development aims to determine the results of LKPD development using CTL in facilitating mathematical representation ability students. Subjects in this research development is all students of class VIII.10 with the number of students 35 people in SMP Negeri 1 Gadingrejo academic year 2016/2017. The stages of development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs, and mathematical representation ability test. The material and media expert said that of the students worksheet development was valid. Based on data analysis of test results and observations during the study. Overall the product developed is effective enough to be used, it is shown by the average of N-gain ability of mathematical representation equal with enough effective criterion. The conclusion of this research is LKPD using CTL in mathematics learning has been able to facilitate students mathematical representation ability.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan LKPD dengan menggunakan pendekatan CTL dalam memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas VIII.10 dengan jumlah siswa 35 orang di SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun ajaran 2016/2017. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan dan validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes representasi matematis. Hasil yang diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan media, praktis digunakan menurut siswa. Berdasarkan analisis data hasil tes dan hasil pengamatan selama penelitian. Secara keseluruhan produk yang dikembangkan cukup efektif untuk digunakan, hal tersebut ditunjukkan dengan rerata N-gain kemampuan representasi matematis tergolong kriteria cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika cukup efektif memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: representasi matematis, LKPD, CTL.


Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Rahmania. 2012. Peranan ZPD dan Scaffolding Vygotsky dalam Pendidikan Anak Usia Dini. (online). Tersedia di (https://www.google.com/url?sa =t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwigk86ryLfVAhUFp5QKHcrrBLgQFggsMAE&url=http%3A%2F%2Fe-jurnal.stain-sorong.ac.id%2Findex.php% 2FAlRiwayah%2Farticle%2Fdownload%2F100%2F73&usg=AFQjCNHu1YU_lePBB9wD8A2_T_suSJT7tA), diakses 20 Januari 2017.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi UPI Bandung.

Menggala,Yudha. 2016.Nilai Matematika Paling Turun pada UN 2016.Jakarta. (online). Tersedia di (http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/06/10/o8k0jf284-nilai-matematika-paling-turun-pada-un-2016) diakses 5 Desember 2016.

NCTM (National Council Teacher of Mathematics). 2000. Principles and Standards for School Mathe-matics. Reston. Virginia: NCTM. (online). Tersedia (http://www. nctm.org/Standards-and Positions/ Principles-and-Standards) diakses 2 Desember 2016.

Nurdin, Syarifuddin. & Andriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif rancangan penelitian. Yogyakar-ta: Ar-ruzzmedia.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Mana Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alafbeta.

Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut Avanced Mathematical Thinking alam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Prosiding Matematika FMIPA UNY. Yogya-karta: [online] tersedia di eprints.uny.ac.id /7491/1/P%20-%205.pdf diakses 7 Desember 2016.

Yamin, H. Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pem-belajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.