Pengembangan LKPD Berbasis ALQURUN Teaching Model untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Astri Setyawati, Sugeng Sutiarso, Suharsono Suharsono

Abstract


This research and development aimed to produce LKPD based on ALQURUN Teaching Model (ATM), and test their effectiveness on mathematical communication skills. The subjects of this study were students of grade VII Formal Junior High School 1 Purbolinggo in period of 2016/2017. Research data obtained by mathematical communication ability test. Characteristics of the LKPD based on ATM statistical materials developed by ATM syntax, they are the acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, and name. The result of the expert validation indicated that LKPD based on ATM meets the content, media, and language feasibility standard and appropriate for using and included in good category. The results of initial field trials and field test results presented students mathematical communication skills using LKPD based on ATM, higher than the mathematical communication ability of students who do not use LKPD based on ATM. Therefore it can be concluded that LKPD part based on ATM be effective to improving students mathematical communication ability.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM), dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Karakteristik LKPD berbasis ATM pada materi statistika dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, dan name. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa serta layak digunakan dan termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba lapangan awal dan hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis ATM. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ATM efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, LKPD, ATM.


Full Text:

PDF

References


Cellilo, Jery. 2016. Acknowledgement in the Classroom. [online]. Tersedia:http://oncourseworkshop.com/selfmotivation/acknowledgement-class-rooms/. [13 Agustus 2016].

Feza-Piyose, N. 2012. Language: A Cultural Capital For Conceptualizing Mathematics Knowledge. Human Sciences Research Council, South Africa. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 7, No. 2, pp. 67-79.

Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika.Vol. 2 No. 1 Maret 2007: 216-226.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Purwandari,Yunita. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Menggunakan Pendekatan Konekstual Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi Matematis. Skripsi: UNY.

Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. 5 Desember 2009.

Ruseffendi. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, Dan Komunikasi. Jurnal p4tkmatematika Vol 2 Tersedia: p4tkmatematika.org/download/pemecahan masalah.pdf [20 Januari 2016].

Suharti Darwis, M & Anas, S. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol 3 No 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/download/1292/pdf_1), diakses 11 Juli 2017.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. ISBN: 978-602-74581-0.

Wahid, Umar. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity vol 1, no.1, Februari 20: 2. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.