Pengembangan LKPD Berbasis Alqurun Teaching Model untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika
Abstract
The purpose of this research is to improve understanding of learners concept by developing Learners Worksheets based on ALQURUN Teaching Model (ATM) and to know the effectiveness of the ability to understand the concept. The design of this study follows the stages of research according to Akker. The subjects are students of class X SMK Negeri 5 Bandar Lampung 2016/2017 and some experts at every stage of development. The research data was obtained through a mathematical concept comprehension test. Data analysis techniques use t-test and N-Gain. The result of one to one test shows that the learners worksheet based on ATM is included in a very good category. The field test results show that the ability to understand the mathematical concepts using learners worksheet based on ATM is higher than the ability to understand the mathematical concepts without learners worksheet based on ATM and quite effective in improving the ability to understand the mathematical concepts.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan mengembangkan LKPD berbasis Alqurun Teaching Model (ATM) dan mengetahui efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan beberapa ahli pada setiap tahapan pengembangan. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis ATM dan tergolong cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata kunci: ATM, LKPD, pemahaman konsep
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. 2006. Education Design Research. London and New York: Routledge.
Archambault, J. 2008. The Effects of Developing Kinematics Con-cepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Cellilo, Jerry. 2016. Acknowledgement in the Classroom. [Online]. Tersedia: http://oncourseworkshop.com/self-motivation/acknowledgement-classroom/. [12 Januari 2017]
Depdiknas. 2007. Pedoman Memilih Menyusun Bahan Ajar dan Teks Mata Pelajaran. Jakarta: BP. Mitra Usaha Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002.Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Firmansyah. 2010. Pengaruh Iring-an Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Fraenkel & Wallen. 1993. How To Design and Evaluate Reaserch In Education: McGRAW-HILL. Singapore.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PSDMPK-PMP.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Betwwen Mathemathics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. Journal of am. J Phys. 70 (12).1260.
Nursalam. 2000. Metodologi Riset Keperawatan. [Online]. Tersedia:http://dokumen.tips/documents/tujuandanmanfaat literaturdoc.html. [2 Oktober 2017].
Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ross, B.D. Roe E.P. 2010. Integrating Language Art through Literature and Thematics Unit. [Online]. Tersedia: http://www.education.com/reference/ article/enefits-literature/. [12 Januari 2017].
Russeffendi, E.T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompeten-sinya Dalam Pengajaran Mate-matika dalam meningkatkan CBSA.Bandung: Tarshito.
______________. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.
Shadiq, Fadjar. 2016. Benarkah Guru Matematika Sebaiknya Mengajar Secara Induktif dan Bukan Secara Deduktif? [Online]. Tersedia : http://p4tkmatematika.org/file/ARTIKEL/Artikel%20Pendidikan/benarkah%20guru%20matematika%20sebaiknya%20mengajar%20secara%20induktif_fadjar%20shadiq.pdf [28Oktober 2016].
Sungkono. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : FIP UNY.
Sutiarso, Sugeng. 2011. Statistika Pendidikan & Pengolahannya dengan SPSS. Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.
_____________. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (ALQURAN Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).
Tessemer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Eva-luations. London and New York: Routledge Taylor and Francis Croup.
Wiggins, Grant. 2014. Conceptual Understanding in Mathematics.[Online]. Tersedia : https://grantwiggins.wordpress.com/2014/04/23/conceptual-understanding-in-mathematics/ [1 Januari 2017].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.