Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Sri Sumaryati, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This research aimed to improve students understanding of mathematical concepts at MTs Pelita Gedongtataan on 30 March 2017 until 25 April 2017. This type of research was a classroom action research with the subject of students of class VII MTs Pelita Gedongtataan consisting of 38 students. Data collection techniques used were observation and concepts comprehension tests. Based on the results of research and discssion, it can be conciuded that the learning by applying the model of cooperative learning TPS type in grade VII students MTs Pelita Gedongtataan on the material triangle cannot improve students understanding of mathematical concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini di lakukan di MTs Pelita Gedongtataan pada tanggal 30 maret 2017 sampai dengan 25 April 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Pelita Gedongtataan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi dan tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII MTs Pelita Gedongtataan pada materi segitiga tidak dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Kooperatif, Pemahaman Konsep Matematis siswa, Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning.Bandung: Alfabeta.

Mulyani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung vol 1, No 3.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman.2010.Model-model Pembelajaran.Bandung: Grafindo.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.